BPBD Jatim Normalisasi Jalan Menuju Pacitan

oleh -132.282 views
Tim gabungan membersihkan jalur di perbatasan Pacitan-Ponorogo. (Foto: Djoko)

Pacitanku.com, PACITAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur mengatakan normalisasi jalan menuju Kabupaten Pacitan dan beberapa kawasan di sekitarnya mulai dilakukan hari ini.

“Normalisasi baru bisa diupayakan hari ini,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Jatim Agus Legowo ketika dikonfirmasi Rabu (29/11/2017).

Normalisasi, kata dia, dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bina Marga Provinsi Jawa Timur sebagai upaya membuka akses jalan yang terdampak bencana tanah longsor.

Seluruh personel dan instansi teknis lainnya diharapkan mempersiapkan kebutuhan penanganan evakuasi dan persiapan logistik untuk menunggu perintah pergerakan.

Sementara itu, bencana banjir, tanah longsor dan puting beliung yang merupakan cuaca ekstrem terjadi akibat pengaruh siklon tropis Cempaka.

Siklon Tropis Cempaka yang menyebabkan bencana yang terjadi di Jawa Timur. Hingga saat ini tercatat di BPBD Jatim, bencana akibat siklon tropis Cempaka adalah Pacitan, Sidoarjo dan Ponorogo.

BMKG telah menyampaikan peringatan dini adanya siklon tropis Cempaka yang berada di perairan sekitar 32 kilometer sebelah selatan-tenggara Pacitan, Jawa Timur.

“Pada Selasa (28/11), kekuatan siklon berkekuatan 65 kilometer per jam. Dampak siklon ini adalah cuaca ekstrem seperti hujan deras, angin kencang dan gelombang tinggi di Jawa dan Bali,” katanya. (Ant/RAPP002)