Gempa 7,9 SR Disimulasikan Guncang Pacitan

oleh -0 Dilihat
Latihan Penanggulangan bencana alam di Pacitan.

Pacitanku.com, PACITAN – Gempa berkekuatan 7,9 Skala Richter(SR) mengguncang Kabupaten Pacitan. Selasa (7/11/17) pukul 08.00 WIB. Pusat empa berada pada 9.19 LS dan 111.31 BT tepatnya berada di Laut selatan Pacitan yang berjarak 113 km dengan kedalaman 10 Km.

Begitu kuatnya guncangan sehingga mengakbatkan terjadinya Tsunami yang membuat masyarakat bertambah panik dan berhamburan menyelamatkan diri ke tempat yang aman.

Peristiwa yang mengakibatkan banyak korban ini membuat petugas dari TNI dan BPBD harus segera bergerak cepat untuk menyelamatan para korban ke titik-titik pengungsian yang aman.

“Semuanya merupakan bagian dari simulasi dalam Latihan Penanggulangan Bencana Alam gempa dan tsunami yang diselenggarakan Kodim 0801/Pacitan dan BPBD yang telah diprotapkan bersama BPBD,” tutur Dandim 0801/Pacitan Letkol Kav Aristoteles Hengkang Nusa Lawitang.

Dandim berharap semua pihak dapat mengetahui tugas pokok dan fungsi saat terjadi gempa yang disertai tsunami dan utamanya bagi daerah-daerah yang rawan terhadap bencana tersebut, jelasnya.

Sementara itu Bupati Pacitan Indartato mengatakan latihan ini merupakan suatu kegiatan  untuk menetukan standar operasional prosedur yang harus diambil apabila bener-benar terjadi gempa dan tsunami, sehingga dapat meminimalisir jatuhnya korban jiwa dan langkah-langkah yang harus kita ambil. (RAPP002)

Catatan Redaksi

Redaksi melakukan perubahan pada judul berita ini, yang semula berjudul “Gempa 7,9 SR Guncang Kabupaten Pacitan” menjadi “Gempa 7,9 SR Disimulasikan Guncang Pacitan” karena judul sebelumnya menimbulkan miss persepsi redaksi.