Pemkab Pacitan Gelar Apel 1000 Relawan dan Latihan Terpadu Pengurangan Risiko Bencana

oleh -0 Dilihat
Para relawan saat mengikuti apel relawan PRB di Pancer, Sabtu (4/11/2017). (Foto: SRW/Wahyu/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan menggelar apel 1000 relawan sebagai bagian dari gerakan pengurangan risiko bencana (PRB) pada Sabtu (4/11/2017) di lapangan Pancer timur, Dusun Kiteran Desa Kembang Kecamatan Pacitan.

Apel tersebut dirangkaian dengan pembukaan latihan bencana alam tsunami Komando Resor Militer 081/Dhirotsaha Jaya Madiun.

Dalam amanatnya, pembina apel sekaligus Bupati Pacitan Indartato mengatakan bahwa kegiatan tersebut digabung dengan latihan bencana alam tsunami korem 081/Dhirotsaha Jaya Madiun 2017 dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan.

“Ini merupakan satu metode untuk melatihkan prajurit untuk melaksanakan perbantuan kepada pemerintah daerah untuk mengurangi dampak dari risiko yang ditimbulkan akibat bencana alam, dan pada hari ini apel 1000 relawan dengan tema berdayakan sadar bencana dengan sekolah laut dan latihan bencana alam tsunami korem 081/DSJ saya nyatakan dibuka dan dimulai laksanakan kegiatan ini dengan penuh rasa tanggung jawab,”jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan penyerahan secara simbolis pohon Mangrove, penyematan Pin Komunitas Pesisir dan penyerahan tanda Latihan Terpadu Bencana Alam oleh pembina apel didampingi Guru besar Universitas Pertahanan Syamsul Maarif Kasrem 081/Dsj dan Direktur Pengurangan Resiko Bencana Deputi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Tak hanya apel, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon mangrove, gelar UKM dan menyaksikan demo laka laut dan atraksi Pacitan Surf Club (PSC).

Hadir dalam agenda apel tersebut Syamsul Ma’arif guru besar menejemen bencana UNHAN, Lilik Direktur Pengurangan Resiko Bencana Diputi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB, Pingki Hidayati Kasi Pencengahan dan kesiapsiagaan BPBD Provinsi Jatim.

Juga hadir Letkol Inf Jerm Ratu Edo Kasrem 081/Dsj Madiun, Ketua TP PKK Luki Indartato, Wakil Bupati Yudi Sumbogo, Sekda Suko Wiyono, Letkol Kav Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang Dandim 0801/ Pacitan, Mayor Inf Edi Maryono Pasilat Rem 081 /Dsj, Mayor Inf Sigit Dwi Untoro Kasdim 0801/ Pacitan

Turut hadir juga Suharyanto Kakesbangpol Pacitan, Ratna Budiono Sekretaris BPBD Pacitan, Pujono Kabid logistik BPBD Pacitan, Dianita Kasi Pencengahan dan kesiapsiagaan BPBD Pacitan, peserta latihan Kodim 0801/ Pacitan dan masyarakat Desa Sirnoboyo dan Desa Kembang. (SRW/Wahyu/RAPP002)

No More Posts Available.

No more pages to load.