Polres Pacitan Imbau Pemilik Warnet Ingatkan Pelajar yang Suka Nongkrong di Jam Sekolah

oleh -131.783 views
Puluhan pelajar terciduk Polres Pacitan beberapa waktu lalu. (Foto: Polres Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) Kepolisian Resor Pacitan Ajun Komisaris Polisi Sarinah Rosita mengimbau kepada pemilik usaha warung internet (warnet), kafe dan sejenisnya agar mengingatkan kepada para pelajar di Pacitan yang nongkrong saat jam sekolah.

“Kami mengimbau kepada pemilik warnet ,cafe, atau usaha lain yang sejenis agar mengingatkan pelajar yang suka nongkrong saat jam sekolah. Kalau tidak berani mengingatkan, hubungi petugas atau pihak sekolah agar bisa dibina. Kasihan kan orang tua mereka,” katanya, sebagaimana dikutip dari laman Polres Pacitan pada Selasa (24/10/2017).

Sebagai informasi, dalam lanjutan Operasi Bina Kusuma Semeru 2017 Polres Pacitan pada Jumat (20/10/2017) lalu mengamankan puluhan pelajar yang tengah kongkow di salah satu cafetaria serta warnet saat jam sekolah.

Kegiatan razia para pelajar ini selain kegiatan rutin yang ditingkatkab bersamaan ops Bina Kusuma juga merupakan masukan dari masyarakat yang prihatin melihat para pelajar ini yang nongkrong dan merokok di warung saat jam sekolah.

Selanjutnya petugas melakukan razia yang menyisir tempat-tempat dimana mereka sering berkumpul saat jam sekolah.

Sedikitnya ada 15 pelajar yang diamankan dan diberikan pembinaan oleh petugas. Para pelajar itu dari beberapa sekolah yang ada di Kota Pacitan.‎

Selanjutnyan puluhan pelajar yang berhasil diamankan dari warnet dan cafe tersebut langsung digiring menuju Mapolsek Pacitan untuk diberikan pembinaan dan dipanggilkan guru yang bersangkutan untuk mendapatkan pembinaan dari pihak sekolah.

Sebelumnya, Kabagops Polres Pacitan Kompol Zainal Rusmadi  mengatakan bahwa dalam operasi kali ini ditekankan kepada kegiatan preventif pembinaan dan penyuluhan yang dikedepankan Satuan BINMAS meliputi pencegahan aksi premanisme, kenakalan remaja, KDRT, protistusi, pelecehan seksual terhadap anak dan perempuan, narkoba dan kejahatan lainnya.

Operasi kepolisian kewilayahan dengan sandi Operasi Bina Kusuma II Semeru 2017 ini dilaksanakan selama 20 hari terhitung mulai Selasa 10 Oktober hingga Minggu 29 Oktober  2017.

Sebanyak 60 personel Polres Pacitan dilibatkan dalam operasi yang tergabung dalam 4 (empat) satgas, yaitu satgasres I Lidik, Satgasres II binmas, Satgasres III Sabhara dan Satgasres IV Gakkum. (Hr/Polres/RAPP002)