122 Rumah di 4 Kecamatan Terdampak Longsor dan Tanah Gerak

oleh -0 Dilihat
Indartato saat mengecek bencana tanah longsor di Tulakan. (Foto: Humas Pemkab)

Pacitanku.com, TULAKAN – Sebanyak 122 unit rumah warga dari empat kecamatan terdampak bencana alam tanah longsor dan gerakan tanah yang terjadi beberapa hari terakhir. Keempat kecamatan itu adalah Ngadirojo, Sudimoro, Tulakan, dan Kebonagung.

Di wilayah Kecamatan Tulakan sendiri ada 89 unit rumah warga rusak. Baik ringan, sedang, sampai berat.

“Dari 4 wilayah yang kita pantau, Kecamatan Tulakan memang yang paling banyak terdampak bencana alam, di Desa Jatigunung ada 49 rumah ambles. Selain itu juga ada beberapa titik jalan desa, kabupaten, maupun provinsi rusak,” kata Bupati Indartato saat mengunjungi lokasi tanah longsor dan tanah gerak di wilayah Kecamatan Tulakan, Jum’at (20/10/2017).

Di Tulakan, bupati dan wakil bupati berserta jajarannya menyambangi rumah milik Sartono, warga Krajan, Desa Kalikuning yang mengalami kerusakan akibat bencana tanah gerak.

Ditempat itu, Indartato menyerahkan bantuan dan melihat dari dekat kondisi terkini hunian Sartono dan keluarga.

Gerakan tanah memicu retakan dan amblesan tanah sepanjang kurang lebih 30 meter. Tidak itu saja, dinding rumah ikut retak dan roboh pada bagian belakang.

Demikian pula dengan rumah milik Tuladi di Krajan, Desa Jatigunung. Akibat longsoran tanah yang memicu retakan, memaksa ia membongkar rumahnya demi keselamatan keluarganya. Tak hanya di kedua desa. Bupati kemudian melanjutkan perjalanan ke Desa Ngumbul dan Wonosidi. “Bencana alam juga merusak infrastruktur jalan baik jalan nasional, provinsi serta jalan desa,” ujarnya lagi.

Dia pun berharap masyarakat selalu meningkatkan kewaspadaan apalagi menghadapi musim penghujan yang datang lebih awal.

Pemerintah juga berupaya membantu meringankan beban korban bencana alam. Khusus jalan yang rusak, bupati mengimbau masyarakat bergotong royong memperbaiki jalan agar dapat digunakan sementara sambil menunggu tindakan rehabilitasi dari pemerintah. (Humas/RAPP002/Pemkab Pacitan)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.