Tumpeng Raksasa Setinggi 5,2 M akan Berdiri Tegak di Alun-alun Pacitan

oleh -9 Dilihat
Foto Ilustrasi: tumpeng pace saat gelaran hari jadi Pacitan tahun 2017. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)
Foto Ilustrasi: tumpeng pace saat gelaran hari jadi Pacitan tahun 2017. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Agenda budaya pariwisata dan olahraga bertajuk “Pesona Hello Pacitan 2017” di Kabupaten Pacitan dibuka sejak Kamis (17/8) dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun Kemerdekaan ke-72 RI, berlangsung meriah.

Ribuan warga memadati taman alun-alun Kota Pacitan tempat digelarnya aneka perlombaan dan hiburan rakyat, sementara kompetisi selancar tingkat dunia (world sufing league) diselenggarakan di Pantai Watukarung diikuti puluhan peselancar dari berbagai negara dunia.

Rangkaian festival budaya dan olahraga bertaraf internasional yang bertujuan mendongkrak sektor pariwisata daerah itu dijadwalkan berlangsung hingga 20 Agustus 2017.




“Selain lomba atau kompetisi selancar yang menjadi ikon gelaran `Pesona Hello Pacitan 2017`, ada sejumlah kegiatan lain kami gelar. Salah satunya adalah pemecahan rekor MURI pembuatan tumpeng tertinggi dan terbesar di dunia,” kata panitia kegiatan Pesona Hello Pacitan 2017 Muchammad Fadil, Jumat (18/8/2017).

Sesuai jadwal, pembuatan tumpeng dengan proyeksi tinggi mencapai 5,2 meter dan lebar diameter 4 meter.

Pembuatan tumpeng raksasa, menurur Fadil, dilakukan langsung di taman alun-alun Kota Pacitan, Sabtu (19/8) yang dipimpin langsung oleh Ketua Penggerak PKK Kabupaten Pacitan Lucky Tri Baskorowati Indartato, mulai pukul 07.00 WIB hingga jadi dan dinilai oleh tim Museum Rekor Indonesia (MURI) pada pukul 15.00 WIB.

Tumpeng raksasa tersebut dibuat dengan dilengkapi 17 jenis lauk ikan hasil laut Pacitan, 8 tingkat, serta 45 tumpeng kecil.

Setelah dinilai dan dicatat sebagai tumpeng terbesar dalam buku rekor MURI, keseluruhan tumpeng yang dibuat secara masal itu akan “dipurak” atau dimakan bersama seluruh warga yang hadir secara gratis, kata Fadil.

“Pembuatan tumpeng raksasa memecahkan rekor MURI ini selain bertujuan mengenalkan kuliner `ndeso` (desa) khas Pacitan sekaligus membudayakan makan ikan di tengah masyarakat tentunya juga untuk membangkitkan spirit perjuangan ibu-ibu di bawah komando ibu Lucky Tri Baskorowati Indartato 9istri bupati) dalam menyemarakkan perayaan Kemerdekaan ke-72 RI di Pacitan ini,” katanya.

Gelaran lomba, pesta rakyat dan olahraga selancar bertaraf internasional tersebut juga dihadiri oleh Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono beserta keluarga yang dijadwalkan menyaksikan langsung beberapa gelaran dalam rangka Pesona Hello Pacitan 2017 mulai Jumat hingga Sabtu (19/8) hari ini. (RAPP002/Ant)