Pesona Hello Pacitan 2017 Siap Gaungkan Pariwisata Pacitan ke Dunia

oleh -0 Dilihat
Kepala Disparpora Pacitan saat berfoto bersama peserta Hello Pacitan 2017. (Foto: hesti Teki)
Kepala Disparpora Pacitan saat berfoto bersama peserta Hello Pacitan 2017. (Foto: hesti Teki)

Pacitanku.com, PACITAN – Gaung pariwisata di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, dipastikan bakal semakin terdengar. Hal ini menyusul bakal digelarnya kembali “Pesona Hello Pacitan 2017” yang akan berlangsung pada 16 hingga 19 Agustus 2017. 

Dalam kegiatan tersebut akan digelar berbagai acara, salah satunya yang bakal menarik perhatian adalah turnamen selancar tingkat dunia bertajuk “World Surfing League 2017” yang akan berlangsung di Pantai Watu Karung.

Pantai Watu Karung memang dikenal dengan ombaknya yang mencapai tujuh meter, salah satu surga bagi para peselancar dunia. 

Bupati Pacitan  Indartato mengatakan turnamen selancar dunia menjadi bagian dari rangkaian penyelenggaraan “Pesona Hello Pacitan 2017” yang melanjutkan kesuksesan penyelenggaraan di tahun sebelumnya yang didukung oleh Kementerian Pariwisata.




“Dengan kesuksesan Hello Pacitan tahun 2016 lalu, menunjukkan kepada seluruh masyarakat bahwa potensi daerah harus dikembangkan sebagai sarana meningkatkan ekonomi daerah,” ujar Bupati Indartato dalam keterangan persnya, Rabu (16/8/2017) di Pacitan.

40 peserta dari 14 negara dipastikan ambil bagian dalam turnamen nanti. Mereka datang dari sejumlah negara seperti Brasil, Australia, New Zealand, Jepang, Jerman, Argentina, Indonesia dan lainnya.

Sementara, Deputi Bidang Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti didampingi Kepala Bidang Promosi Budaya Kemenpar Wawan Gunawan mendukung penyelenggaraan “Pesona Hello Pacitan 2017” sebagai bagian dari mencapai target 15 juta wisatawan mancanegara dan 265 juta pergerakan wisatawan nusantara di tahun 2017.


Esthy mengatakan, peningkatan turnamen selancar dari tingkat Asia pada tahun lalu ke kelas dunia di tahun ini menunjukkan atraksi surfing di Pacitan sudah semakin dikenal dunia. Levelnya sudah sejajar dengan kelas dunia.”Atraksi surfingnya Pacitan sudah world class. Tak kalah dengan tempat-tempat lain di dunia. Karena itu Kementerian Pariwisata hadir di Hello Pacitan,” kata Esthy Reko Astuti.


Melalui penyelenggaraan ini diharapkan dapat mempromosikan sekaligus memperkenalkan potensi Pacitan kepada seluruh masyarakat luas, baik dalam maupun luar negeri. Selain itu juga menjadikan Pacitan sebagai kota penyelenggara event bertaraf internasional.


“Serta meningkatkan kunjungan wisatawan baik lokal maupun internasional serta menarik para investor, khususnya pengembang industri wisata di Pacitan,” kata Esthy.

Sementara Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan event internasional seperti ini akan mengangkat nama Wonderful Indonesia ke mancanegara.”Kita tunjukkan ke dunia, ada banyak spot destinasi bahari yang keren. Indonesia kaya akan lokasi surfing yang menantang. Dari Bali, Banyuwangi, Mentawai, Nias, dan kini Pacitan Jawa Timur,” kata Menpar Arief Yahya.