PPIH Embarkasi Surabaya Berangkatkan 17.835 CJH ke Tanah Suci

oleh -0 Dilihat
JAGA KESEHATAN. Gubernur Jatim saat memberikan arahan kepada para jamaah calon haji di Surabaya. (Foto: Pemprov Jatim)
JAGA KESEHATAN. Gubernur Jatim saat memberikan arahan kepada para jamaah calon haji di Surabaya. (Foto: Pemprov Jatim)

Pacitanku.com, SURABAYA – Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Surabaya mencatat sebanyak 17.835 jamaah calon haji asal Jawa Timur telah diberangkatkan ke Tanah Suci mulai Jumat (28/7) hingga Rabu (9/8).

“Yang sudah diberangkatkan kelompok terbang (kloter) 1 sampai kloter 40. Itu sudah termasuk petugas,” ujar Wakil Sekretaris I PPIH Embarkasi Surabaya Sutarno Pertowiyono kepada wartawan di Surabaya, Kamis.

Ia merinci, dari jumlah jamaah calon haji yang sudah berangkat, sebanyak 8.396 orang adalah jamaah laki-laki, dan 9.439 orang merupakan jamaah wanita.

Sedangkan, untuk kloter 41-43 asal Kabupaten Malang dijadwalkan baru berangkat hari ini, rinciannya kloter 41 (445 calon haji) berangkat pukul 21.20 WIB, kloter 42 (445 calon haji) berangkat pukul 23.20 WIB, dan kloter 43 (445 calon haji) pada 11 Agustus pukul 01.20 WIB.

Menurut dia, pada gelombang I (kloter 1-43) jamaah calon haji yang pemberangkatannya melalui Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya turun di Madinah.




Para jamaah calon haji yang sudah berangkat saat ini antara lain berasal dari Kabupaten dan Kota Kediri, Nganjuk, Tulungagung, Trenggalek, Kabupaten dan Kota Blitar, Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Kabupaten dan kota Madiun.

Selanjutnya Kabupaten Pacitan, Ngawi, Magetan, Ponorogo dan Jember, Bondowoso, Situbondo, Kabupaten dan Kota Malang, serta sebagian asal Surabaya sebagai kota penyangga.

“Syukurlah berdasarkan laporan yang kami terima, perjalanan dari Tanah Air sampai Madinah tidak ada kendala. Semoga jamaah asal Indonesia lancar ibadahnya dan mabrur,” katanya.

Sementara itu, dari jumlah jamaah calon haji yang sesuai jadwal berangkat tahun ini, sampai sekarang terdapat 12 orang yang meninggal dunia, masing-masing dua orang meninggal di Asrama Haji Surabaya dan 10 orang lainnya di daerah.

Pada musim haji 2017, secara keseluruhan terdapat 83 kloter dengan pemberangkatan kloter pertama pada 27 Juli dan kloter terakhir berangkat pada 26 Agustus 2017.

Totalnya sebanyak 36.640 calon jamaah haji yang berasal dari tiga wilayah provinsi, terdiri dari Provinsi Jawa Timur sebanyak 35.270 orang, Provinsi Bali 700 orang dan Provinsi Nusa Tenggara Timur 670 orang.

Jika ditambah petugas, yakni Tim Pembimbing Haji Indonesia (TPHI) dan Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) jumlahnya masing-masing 83 orang, serta Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) 249 orang maka jumlah keseluruhan yang berangkat dari Embarkasi Surabaya adalah 37.055 orang.