Diberangkatkan ke Tanah Suci, Calhaj Tertua Pacitan Berumur 84 Tahun

oleh -0 Dilihat
Para jamaah calon haji Pacitan saat pemberangkatan pada Rabu (2/8/2017).
Para jamaah calon haji Pacitan saat pemberangkatan pada Rabu (2/8/2017). (Foto: Humas Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Sominem Abdul Jalal Kadimin (84) menjadi calon haji (Calhaj) tertua asal Desa Sidomulyo Kecamatan Kebonagung yang akan berangkat ke tanah suci, sementara yang termuda Syabit Fansuri Chabib (28) dari Kelurahan Baleharjo Kecamatan Pacitan.

Keduanya tergabung dalam 172 Calhaj Pacitan tahun 2017 yang diberangkatkan oleh Bupati Pacitan, Drs H Indartato MM menuju ke asrama haji Sukolilo, Kota Surabaya, Rabu (2/8/2017) pada pukul 06.00 WIB di Pendopo Kabupaten Pacitan.

Sebanyak 172 Calhaj tersebut akan berangka ke tanah suci pada Kamis (3/8/2017) besok.“Keberangkatan ke tanah suci kali ini ditandai hujan, sebuah pertanda kedamaian,” kata Indartato saat memberikan sambutannya sebelum pemberangkatan, Rabu (2/8/2017).




Dia berharap setelah tiba di Arab Saudi kondisi kesehatan para JCH tetap terjaga. Sehingga dapat melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan baik sesuai tuntunan agama. Sehingga ketika kembali ke tanah air menyandang haji mabrur. “Selain itu, mulai tahun depan, untuk para pendamping haji akan diupayakan pembiayaan dari pemkab,”ujarnya.

Sementara, Kasi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Pacitan (Kemenag) Agus Hadi Prabowo mengatakan dari Calhaj Pacitan sebanyak 172 jamaah, separuh lebih berusia 50 hingga 60 tahun.

Berdasarkan jenis kelamin, 89 orang jamaah laki-laki dan 84 orang jamaah perempuan.

Agus mengatakan, Calhaj Kabupaten Pacitan tahun 2017 akan tergabung di dalam kelompok terbang (Kloter) 22 embarkasi Surabaya bersama dengan Calhaj asal Kabupaten Ngawi. (Humas Pacitan/RAPP002)