BPS: Persentase Usaha Perusahaan Pacitan Naik 5,88 Persen

oleh -0 Dilihat
Kantor BPS Pacitan. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pacitan mengatakan bahwa usaha perusahaan di Pacitan naik dari 73,4 ribu menjadi 77,7 ribu usaha sesuai dengan hasil Sensus Ekonomi (SE) tahun 2016, atau naik 5,88 persen.

Hal tersebut disampaikan dalam siaran pers dari BPS Pacitan yang diterima Pacitanku.com pada Jumat (14/7/2017).

Sebelumnya diberitakan bahwa Pemerintah Kabupaten Pacitan yang menempatkan Pacitan pada daerah dengan ekonomi terendah sesuai hasil Sensus Ekonomi 2016 (SE 2016).

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur, Teguh Pramono saat sosialisasi dan rilis Hasil Listing SE 2016 di Hotel JW Marriot Surabaya, beberapa waktu lalu mengatakan bahwa Sensus Ekonomi 2016 dikelompokkan dalam 15 kategori lapangan usaha sesuai dengan klarifikasi baku lapangan usaha Indonesia (KBLI) 2015.




“Manfaat data hasil SE 2016 adalah untuk mengetahui gambaran usaha-usaha atau memetakan daerah-daerah yang ekonominya masih tergolong rendah karena kurangnya aktifitas ekonomi dan sumber pendapatan masyarakat, peta tersebut di Jawa Timur menunjukkan daerah Kabupaten Pacitan dan Trenggalek. Untuk itu pemerintah segera turun tangan untuk permasalahan ini,” jelasnya.

Dengan demikian, Pacitan masuk ke dalam 10 kabupaten termiskin yaitu Sampang, Bangkalan- Probolingo,  Sumenep, Tuban,  Pamekasan, Pacitan, Ngawi,  Bondowoso,  dan Lamongan.

Keterangan: Ini adalah ralat berita sebelumnya di Pacitan dengan link url https://pacitanku.com/2017/06/17/pacitan-masuk-kategori-kabupaten-termiskin-di-jatim/ dimana dalam berita sebelumya dituliskan Jumlah usaha perusahaan di Pacitan turun dari 54 ribu menjadi 51 ribu usaha, perusahaan non pertanian. Sementara provinsi Jawa Timur meningkat 10,94 persen dari sebelumnya 4,21 juta usaha, perusahaan non pertanian