Semangat Pemkab Pacitan Menuju Pelayanan Masyarakat yang Transparan dan Akuntabel

oleh -0 Dilihat
Bupati Indartato saat membuka lokakarya KOMPAK, kemarin. (Foto: Wira Swastika)
Bupati Indartato saat membuka lokakarya KOMPAK, kemarin. (Foto: Wira Swastika)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan terus berupaya mewujudkan pelayanan untuk masyarakat yang transparan dan akuntabel. Menurut Bupati Pacitan Indartato, Kamis (30/3/2017) kemarin saat membuka lokakarya Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) di Gedung Karya Dharma Pacitan, mengatakan bahwa partisipasi masyarakat dalam pembangunan akan tumbuh dengan sendirinya.

Menurutnya hal itu akan terlaksana dengan syarat pihak pemerintah menjamin informasi yang sampai ke masyarakat kian transparan dan akuntabel. “Partisipasi masyarakat muncul jika mereka mendapatkan akses informasi yang terbuka dan dapat dipertanggungjawabkan,”ujarnya.

Dia mengatakan, sesuai tugasnya negara memiliki tiga tanggung jawab. Yakni melindungi, melayani dan menjadi penengah. “Saya berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,”tegasnya.




Sebagai informasi, upaya pembangunan transparansi publik sendiri telah dirintis sejak beberapa tahun silam. Dengan lahirnya UU 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan UU 25/2009 tentang Pelayanan Publik. Kemudian diikuti terbitnya Permendagri nomor 35/2010 tentang Pedoman Pengelolaan PPID Lingkup Kemendagri dan Daerah.

Jika sebelum tahun 2017 urusan informasi publik ditangani oleh sejumlah lembaga dari berbagai instansi, maka kini semuanya dipusatkan di Dinas Komunikasi dan Informatika. Baik secara kelembagaan maupun sumberdaya manusianya.

Adapun, lokakarya tersebut  berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 30-31 Maret 2017. Tujuannya adalah mencari model yang tepat agar mekanisme pengaduan yang menggunakan sistem LAPOR dapat sejalan dengan layanan PPID. Sehingga upaya pembangunan transparansi yang telah digariskan oleh pemerintah melalui e-goverment, pelaporan kinerja, dan open management terwujud.

Kegiatan ini di dukung oleh KOMPAK  mendatangkan narasumber Wahyu Kuncoro dari Komisi I Informasi Publik JawaTimur, Kusnandoko Kepala Dinas KOMINFO Kabupaten Bojonegoro, Agus sarwo edhi Provisial Manager Jawa Timur.

Adapun, peserta lokakarya dari Dinas KOMINFO Kabupaten Trenggalek, OPD, Camat se-Kabupaten Pacitan PPIDes, juga Puskesmas binaan Kompak di dua kecamatan, yakni Tulakan dan Tegalombo.