18 Guru dan Siswa Binaan YPA-MDR Digembleng Pelatihan “Gasing” oleh Yohanes Surya

oleh -1 Dilihat
Para peserta pelatihan Gasing d Tangerang, Senin (6/3/2017).
Para peserta pelatihan Gasing d Tangerang, Senin (6/3/2017).

Pacitanku.com, TANGERANG – Demi terus meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) merupakan salah satu Yayasan PT Astra International Tbk yang bergerak di Bidang Pendidikan, menyelenggarakan Program Gasing (Gampang, Asik dan Menyenangkan) yang bekerjasama dengan Prof. Yohanes Surya, Ph.D. selama dua bulan, sejak Bulan Maret hingga Bulan Mei 2017.

Pembukaan Program Gasing diselenggarakan di Hotel Amaris Tangerang City, pada tanggal 6 Maret 2017. Pembukaan yang dihadiri oleh Pemerintah Daerah Setempat, seluruh Kepala Dinas Pendidikan Daerah Binaan, 18 Peserta Guru SD dan 18 Siswa SD Binaan tersebut diawali dengan Laporan Penyelenggaraan Program Gasing oleh Sekretaris Pengurus YPA-MDR Kristanto.

“Proses seleksi peserta yang terpilih telah melalui proses seleksi dan memenuhi kriteria yang ada. Dari total 86 calon peserta yang merupakan Guru SD Binaan YPA-MDR di Bogor, Gunungkidul, Bantul, Lampung Selatan, Pacitan, dan Kab. Kupang, terpilihlah 18 Guru SD Binaan yang akan menjadi Agen Perubahan di daerah asalnya dan selanjutnya guru dapat mengimplementasikan ilmu yang sudah dapat untuk meningkatkan kualitas murid,” tutur Kristanto dalam laporannya di Hotel Amaris Tangerang, Senin (6/3/2017).




Dalam program ini, masing-masing guru membawa satu murid yang memiliki kelemahan dalam bidang studi matematika dan fisika dari sekolah tempatnya mengajar sebagai pendamping guru dan juga merupakan objek praktek dari Program  Gasing.

“Kami berharap para guru kedepannya mampu menerapkan dan mengembangkan ilmu yang telah diperoleh tersebut di sekolahnya maupun di sekolah-sekolah lain di daerahnya. Ini adalah bagian dari kewajiban dari guru-guru utusan setelah selesai pelatihan yakni untuk melakukan pengimbasan,” ujar Ketua Pengurus YPA-MDR Arietta Adrianti saat menyampaikan sambutannya.

Selanjutnya, Program Gasing secara resmi dibuka dengan prosesi serah terima perwakilan guru dan siswa peserta Program Gasing secara simbolis dari YPA-MDR kepada tim Yohanes Surya. Harapannya program ini dapat mendongkrak prestasi guru dan siswa, terutama dalam bidang ilmu pasti yakni matematika dan fisika untuk tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama sehingga mereka mampu berinovasi dan bersaing di tingkat Kabupaten, Provinsi bahkan di tingkat Nasional.

“Keberhasilan pendidikan Indonesia tidak terlepas dari peran guru sebagai ujung tombak peningkatan kualitas pembelajaran di Sekolah. Kami sangat berterima kasih kepada Astra yang terus menerus membantu meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, terlebih di daerah binaan. Kami berharap para peserta dapat menjalani program ini dengan sungguh-sungguh,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bogor yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Dr. Yadi Mulyadi, AR, MM, yang menjadi perwakilan seluruh Kadisdik daerah binaan saat pembukaan berlangsung.

Dengan demikian, Program Gasing yang merupakan salah satu strategi YPA-MDR diharapkan dapat menciptakan Sekolah Unggul sekaligus membentuk generasi unggul di sekolah-sekolah di masing-masing daerah sehingga cita-cita Astra yakni “Sejahtera bersama Bangsa” bisa terwujud.

Dalam kesempatan tersebut, Pacitan diwakili dua siswa dan dua guru. Dua siswa dari Pacitan adalah Aprilia Indah Ayu Saputri asal SDN Widoro II dan Defina Hidayatul Ilmi, siswi Sendang III Kecamatan Donorojo. Sedangkan kedua guru yang ikut menyertai adalah Wiwin Widiawati dan Evi Nurmitayani. Mereka didampingi Kepala Dinas Pendidikan Pacitan Marwan dan Kepala Bidang Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Pacitan Ana Sri Mulyati. (RAPP002)