SMPN 1 Donorojo Juara Umum Festival Karawitan Hajatan ke-272

oleh -1 Dilihat
Para peserta menampilkan seni budaya karawitan di Hajatan ke-272. (Foto: Ronny Wahyono/FB)
Peserta dari STAINU saat menampilkan seni budaya karawitan di Hajatan ke-272. (Foto: Ronny Wahyono/FB)

Pacitanku.com, PACITAN – Tim dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Donorojo berhasil menjadi juara umum dalam Festival Karawitan tingkat SMP dalam rangka Hari Jadi Pacitan ke-272 yang digelar di Pendopo Kabupaten Pacitan, Sabtu (11/2/2017).

Informasi yang diperoleh Pacitanku.com dari panitia lomba, SMPN 1 Donorojo sukses menyingkirkan 15 lawan lainnya dalam gelaran festiva karawitan tersebut. Sementara untuk kategori sinden terbaik SMP 1 PKK berhak meraih kategori sinden terbaik 1, SMPN 1 Ngadirojo sinden terbaik 2 dan SMPN 1 Donorojo di posisi ketiga kategori sinden terbaik.

Untuk kategori penggarap terbaik diperoleh SMPN 1 Punung di posisi pertama, kemudian SMPN 1 Pacitan berhak menduduki penggarap terbaik kedua dan di posisi ketiga ada SMPN IV Tulakan yang memperoleh kategori penggarap terbaik ketiga.

Sementara, untuk kategori penyaji terbaik pertama diraih SMPN III Ngadirojo, penyaji terbaik kedua diraih SMPN III Tulakan dan penyaji terbaik ketiga diraih oleh tim dari SMPN II Pacitan.




Ketua Panita Festival Karawitan Widodo Taloga dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya berharap Festival Karawitan akan memupuk kecintaan terhadap budaya sendiri.

“Terlebih di tengah maraknya infiltrasi budaya asing yang tidak semuanya sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa. Budaya lokal sekaligus menjadi benteng terhadap dampak negatif,  harapan saya generasi muda berperan di garda depan dalam ngleluri Budaya Jawa,”ungkap pria yang juga Panitera Pengadilan Negeri (PN) Pacitan ini.

Sebagai informasi, kegiatan yang terselenggara berkat kerja sama dengan Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Pacitan ini berlangsung dua hari hingga Minggu (12/2/2017). Kegiatan ini diikuti 16 SMP dan 10 SMA se-Kabupaten Pacitan. Dalam festival ini juga diluncurkan gending Palagan Tumpak Rinjing oleh Bupati Pacitan. (RAPP002)