Kala “Om Telolet Om” Mendunia, Disitu Kami Bahagia

oleh -3 Dilihat
Anak-anak di Purwantoro, Wonogiri saat meminta bus membunyikan om telolet om. (Foto: Dok. Pacitanku)
Om Telolet Om. (Foto: Dok Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Pada Selasa (20/12/2016) malam, di tengah riuhnya politik Indonesia, tiba-tiba muncul  atau tagar #telolet pada deretan trending topic Twitter. Tagar ini bahkan mengalahkan tagar terkait sidang kasus dugaan penistaan agama dan peluncuran uang rupiah tahun emisi 2016.

Bahkan, fenomena “om telolet om” masuk ke ranah internasional. Selebritas dunia seperti DJ Snake, Oliver Heldens, Hardwell, Zedd, hingga Martin Garrix beramai-ramai mengicaukan frasa “om telolet om”.  Hardwell membuatkan versi “om telolet om” ala dirinya yang seakan-akan menjadi sopir bus. Kicauan para selebritas pun mengundang rasa penasaran dari netizen dunia yang tak paham maksud “om telolet om”.

Di Indonesia sendiri, fenomena tersebut sudah mewabah sejak beberapa bulan lalu di intenet. Namun gara-gara masuk ranah global, netizen Twitter jadi lebih agresif membahasnya di dunia maya. Alhasil tanda pagar #telolet menjadi Trending Topic urutan pertama di wilayah Indonesia pada Rabu (21/12/2016) pagi. Banyak yang membuat guyonan soal video-video “om telolet om” yang beredar, tapi tak sedikit pula yang menyisipkan kritik.




Sebenarnya, bagaimana sejarah awal om telolet om ini muncul? Perlu diketahui, awalnya video-video “om telolet om” ramai dibagikan di jejaring sosial Facebook. Video itu direkam oleh seseorang yang melihat kegirangan anak-anak di pinggir jalan menanti datangnya bus besar antar-kota.

Nah, ternyata sebutan telolet berasal dari suara klakson bus yang diburu oleh orang terutama remaja dan anak-anak. Suara klakson telolet dari bus memang fenomenal dan memancing anak-anak di berbagai daerah untuk mengabadikan.

Bunyi yang seakan menyebut kata “telolet” sendiri tak lain adalah bunyi klakson bus antar-kota. Anak-anak meminta om sopir bus mengeluarkan bunyi “telolet” ketika melintas. Maka dari itu, ujung-ujungnya fenomena ini disebut “om telolet om”, mencontohkan permintaan anak-anak ke om sopir.

Fenomena “’om telolet om’ ini merupakan seruan dari sejumlah orang ketika ada bus besar lewat. Bunyi klakson yang nyaring dan khas mungkin bisa dikatakan alasan utama ‘demam’ ini muncul. Sekedar jadi hiburan, suara tersebut terlihat sukses membuat gelak tawa hadir, terutama bagi anak-anak.

Banyak orang yang mengatakan ‘tradisi’ ini muncul d wilayah Pantura di Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat. Karena di kawasan tersebut, memang terdapat banyak bus besar melintas.

Awalnya dalam sederet video, terlihat hanya anak-anak saja yang berburu klaskon telolet tersebut. Namun seiring bertambah kepopulerannya, tak jarang orang dewasa pun melakukan hal yang sama. Pengunggah video “om telolet om” hendak menyampaikan bahwa kebahagiaan bisa muncul dari hal-hal sederhana. Lama-kelamaan, banyak versi video “om telolet om” yang muncul dan jadi guyonan. Tak cuma “om telolet om” dari bus antar-kota, ada juga dari penjual es krim yang tak kalah menggelitik. Beberapa orang pun membuatkan video “om telolet om” versi pesawat.

Bahkan, sang selebgram, Ria Ricis rela membuat video khusus tentang fenomena “Om Telolet Om” ini. Ria dibantu rekannya membuat Telolet Om Challenge. Dalam video berdurasi 3,12 menit itu, Ria rela berada di tepi jalan dan menunggu berlama-lama untuk mendapatkan bunyi “telolet” dari bus besar yang melintas. Setelah menunggu lama, akhirnya adik dari artis Oki Setiana Dewi ini mendapatkan cita-cita yang diinginkan, mendengarkan bunyi telolet dari klakson bus.

Rona bahagia pun muncul dari wajah Ricis. Disitu ada “om telolet” om, disitu kami bahagia. (RAPP002)