BPBD Pacitan Gelar Apel 1000 Relawan Sungai di Sidomulyo

oleh -716 views
Relawan mengikuti agenda bersih sungai, Sabtu (12/11/2016) di Ngadirojo. (Foto: Info Pacitan)
Relawan mengikuti agenda bersih sungai, Sabtu (12/11/2016) di Ngadirojo. (Foto: Info Pacitan)
Relawan mengikuti agenda bersih sungai, Sabtu (12/11/2016) di Ngadirojo. (Foto: Info Pacitan)

Pacitanku.com, NGADIROJO – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan menggelar apel 1000 relawan sungai di Sungai Sidomulyo, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo pada Sabtu (12/11/2016).

Sebagai informasi, apel 1000 relawan sungai ini merupakan salah satu program pengurangan risiko bencana (PRB) yang digelar pertengahan tahun 2016 oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Program ini telah kami lakukan di Pacitan dalam lima tahun terakhir ini, ketika BNPB mencanangkan gerakan PRB sungai pada pertengahan tahun ini, kami masyarakat Pacitan sangat mendukung. Karena ini merupakan bentuk sinergisitas pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat,” kata Tri Mujiharto.

Acara apel ini digelar di Sungai Sidomulyo dengan berbagai kegiatan pendukung,diantaranya bersih sungai, penanaman pohon atau tumbuhan di sekitar sepadan sungai, dan penaburan benih ikan. “Peserta gelar apel 1000 relawan ini akan diikuti oleh sinergisitas pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat,”tandasnya.

Sementara, Ratna Budiono, Kasi Kesiapsiagaan dan Pencegahan Bencana, BPBD Pacitan mengatakan bahwa gerakan ini adalah sebagai upaya untuk memunculkan kesadaran masyarakat yang tinggi sehingga akan sangat mudah menanggulangi bencana.




“Peran serta pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat sangat penting, mengingat Kabupaten Pacitan kota kecil dengan APBD yang kecil, sehingga gerakan 1000 relawan merupakan dorongan untuk memotivasi masyarakat, bahwa kita bisa bangkit bersama untuk memitigasi bencana yang akan datang,” jelasnya.

Ratna menyampaikan apresiasi atas dukungan kegiatan apel 1000 relawan yang digelar hari ini. “Atas dukungan semua pihak giat hari terlaksana dengan baik walaupun masing banyak yang harus dibenahi, terima kasih temen teman semoga giat gerakan pengurangan risiko bencana di desa sidomulyo ngadirojo bermanfaat bagi kita semua dan mohon maaf atas kekurangannya,”imbuhnya

Sebagai informasi, di Kabupaten Pacitan sendiri, gerakan PRB sungai telah dilakukan di 6 desa diantaranya Desa Sidomulyo, Desa Kembang, Desa Tanjungsari, Desa Sirnoboyo, Desa Purworejo, dan Desa Pagutan.  

Agenda apel 100 relawan sungai ini diikuti sejumlah elemen dan komunitas masyarakat Pacitan, diantaranya Ketua Tim Penggerak PKK Pacitan Luki Indartato, Sekretaris Daerah Suko Wiyono, Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono, kemudian komunitas Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Pacitan, BPBD Pacitan, jajaran SKPD dan elemen masyarakat lainnya. (RAPP002)