Lalu Lintas Pengiriman Hewan Kurban di Pacitan Meningkat Drastis

oleh -1.174 views
Ilustrasi ternak kambing. (Foto : pemberdayaanmasyarakat.com)
Ilustrasi ternak kambing. (Foto : pemberdayaanmasyarakat.com)
Ilustrasi ternak kambing. (Foto : pemberdayaanmasyarakat.com)
Ilustrasi ternak kambing. (Foto : pemberdayaanmasyarakat.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Lalu lintas hewan kurban jelang hari raya Idul Adha di pasar hewan pacitan meningkat pesat. Para pedagang musiman yang biasa beroperasi setiap hari raya kurban hilir mudik di pasar hewan Tulakan. 

Amin, pedagang asal Kecamatan Tulakan mengatakan, meski masih melewati 3 kali pasaran sebelum hari raya, hewan hewan kurban daganganya sudah mulai dikirim.

Amin mengaku, membawa 60 ekor kambing dengan kota tujuan Surabaya.”Kita sengaja kirim lebih awal, agar hewan ternak ada kesempatan untuk istirahat sebelum dijual kembali,” katanya dilansir laman Pemkab Pacitan, Kamis 1 September 2016.

Pedagang yang 20 tahun lebih menggeluti bisnis ternak itu berharap harga hewan kurban terutama kambing di Surabaya bagus. Terlebih, pesaingnya juga banyak. Tidak hanya pedagang dari Pacitan namun juga pedagang dari kabupaten lain.

“Untungnya, ternak asal Pacitan banyak disukai pembeli. Karena selain tidak gampang sakit, mutu dagingnya juga bagus,” katanya lagi.

Harga hewan kurban jelang hari raya Idul Adha tahun ini cenderung stabil. Bahkan, untuk jenis ternak kambing justru menurun dibanding tahun lalu. Dengan ukuran sama harga kambing tahun sebelumnya Rp. 1,9 juta hingga Rp.2 juta  saat ini dihargai Rp. 1,6 juta hingga Rp. 1,8 juta. Sementara harga sapi relatif sama yakni kisaran Rp. 17 juta hingga Rp. 18 juta.

Menurut Slamet, petugas loket pemeriksaan kesehatan hewan pasar hewan Pacitan, lintas ternak jelang hari raya meningkat drastis. Jika sebelumnya setiap pasaran hanya berkisar puluhan, saat ini yang sudah tercatat mencapi seribuan ternak.

Dari jumlah tersebut hampir 60 persen dikirim menuju wilayah Jakarta dan sekitarnya. Sedangkan sisanya ke Surabaya dan daerah-daerah lain. (Riz/RAPP002)