Cerita Kontingen Jamnas Kwarcab Pacitan yang Dikunjungi Sang Bupati

oleh -1.306 views
Peserta Jamnas X dari Pacitan sedang melaksanakan ibadah sholat berjamaah. (Foto: Pusat Informasi Kwarcab Pacitan)
Bupati Pacitan saat berkunjung ke tenda Kontingen Pacitan, Jatim. (Foto: Pusat Informasi Kwarcab Pacitan)
Bupati Pacitan saat berkunjung ke tenda Kontingen Pacitan, Jatim. (Foto: Pusat Informasi Kwarcab Pacitan)

Pacitanku.com, CIBUBUR – Bahagia sekali rasanya dikala jauh dari orang tua, sedang berjuang lalu tiba-tiba dikunjungi orang tuanya. Hal itulah yang dirasakan 32 peserta jambore nasional (Jamnas) kontingen dari Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Pacitan saat dikunjungi Bupati Pacitan dan Wakil Kwarcab Pacitan Luky Tribaskorowati Indartato, Jumat (12/8/2016) malam lalu.

Sebagai informasi, Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Pacitan mengirim 32 peserta untuk mengikuti Jambore Nasional ke X tahun 2016 pada 13 sampai 21 Agustus di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur.

Peserta Jamnas X dari Pacitan sedang melaksanakan ibadah sholat berjamaah. (Foto: Pusat Informasi Kwarcab Pacitan)
Peserta Jamnas X dari Pacitan sedang melaksanakan ibadah sholat berjamaah. (Foto: Pusat Informasi Kwarcab Pacitan)

Rona bahagia setelah menempuh perjalanan dari Pacitan-Cibubur selama beberapa hari hilang seketika saat Luky Indartato masuk ke tenda para pramuka tersebut, berbagi motivasi dan pengalaman yang tentu semakin menguatkan perjuangan 32 peserta Jamnas yang berada di kapling 4.101 milik kontingen Pacitan di bumi perkemahan Cibubur, Jakarta Timur.

“Semangat adik-adik kian membara mendapat kejutan yaitu kehadiran beliau berdua, seolah bertemu kembali dengan orang tua tercinta di Pacitan,”demikian tulis akun resmi Kwarcab Pacitan via facebook setelah menerima kunjungan dari orang spesial tersebut.

Perjuangan Indartato dan Luky Indartato mengunjungi para pserta Kwarcab dari Pacitan memang cukup melelahkan. Ditengah kesibukan menjalankan tugas sebagai bupati, mereka berdua, dengan berjalan kaki lebih dari 500 meter karena kendaraan tidak boleh masuk ke area subcamp, Indartato dan istri dan sempat terbantu oleh kontingen Papua barat dalam pencarian kapling 4.101 milik kontingen Pacitan.

 “Dalam pertemuan singkat itu, adik-adik menceritakan pengalaman dalam mendirikan tenda, memasak dan berkenalan dengan kontingen lain. Terimakasih kakak, motivasinya, semangatnya, sangat berarti bagi kontingen pacitan berkegiatan hingga, akan ada cerita lebih keren, gembira dan asyik lagi besok,”imbuh akun Kwarcab Pacitan.

Peserta Jamnas X dari Pacitan sedang mendirikan tenda. (Foto: Rina Susiantri Warseto)
Peserta Jamnas X dari Pacitan sedang mendirikan tenda. (Foto: Rina Susiantri Warseto)

Selama 12 hari, 32 anggota pramuka tersebut akan bersama dengan 25.022 anggota pramuka lain dari seluruh Indonesia dan mancanegara. Peserta dari Kwarcab Pacitan terdiri peserta didik dan pimpinan kontingen termasuk pendamping 40 orang, para Andalan 32 orang.

Rencananya, hari ini, Ahad (14/8/2016) Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan membuka Jamnas  X 2016 tersebut. Presiden Jokowi sebagai Ketua Majelis Pembimbing Nasional (Mabinas) Gerakan Pramuka akan memimpin upacara dan menyampaikan sambutan di depan 25.000 pramuka tingkat pengalang dari seluruh Indonesia dan 225 peserta dari luar negeri.

“Ini kegiatan besar dan bermanfaat. Kegiatan ini dijadwalkan akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo,” kata Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault, dalam rilis yang diterima “PR”, Sabtu 13 Agustus 2016.

Adhyaksa Dault menambahkan, 25.000 peserta Jambore Nasional ini berusia 11-15 tahun. Acara itu akan menjadi sejarah bagi mereka kelak, ketika mereka dewasa, di mana mereka akan mengingat kembali masa-masa saat mereka berkumpul dengan teman-teman dalam satu tenda.

“Jambore Nasional mempertemukan anak-anak kita dari seluruh Indonesia,cerita tentang berkemah, tidur bersama di tenda, masak tapi gak matang, menjelajah alam bareng-bareng, ngobrol dan bercanda tanpa gangguan telefon genggam akan menjadi kenangan terindah saat anak-anak kita dewasa nanti. Perkemahan itu perekat, jika suatu hari ada perbedaan yang bisa menyebabkan perpecahan, maka mereka akan ingat pernah berkemah bersama,” tegas Adhyaksa Dault yang juga mantan Menpora 2004-2009 ini.

Pemecahan Rekor MURI

Presiden Jokowi akan membuka Jamnas X
Presiden Jokowi akan membuka Jamnas X

Selain Presiden, acara pembukaan Jamnas X juga akan dihadiri tokoh nasional, pejabat negara, dan kepala daerah. Dalam upacara pembukaan besok, Kwarnas akan memberikan penghargaan kepada 38 tokoh yang berkontribusi besar terhadap pengembangan dan kemajuan pramuka Indonesia. Upacara pembukaan juga akan dimeriahkan agenda pemecahan rekor MURI dalam bentuk penerbangan 1.000 Chuck Glider oleh 1.000 peserta Jamnas.

Chuck Glider adalah model pesawat ringan dengan teknologi pesawat udara yang diterbangkan dengan cara dilemparkan. Setiap Chuck Glider yang akan diterbangkan adalah hasil karya para anggota Saka Dirgantara dengan presisi teknologi sederhana kedirgantaraan. Rencanya, Chuck Glider perdana akan diterbangkan oleh Presiden Jokowi.

Sebagai informasi, Jamnas adalah pesta kegiatan pramuka penggalang se-Indonesia sebagai wahana untuk merajut persaudaraan dan persahabatan. Setelah sekian lama digelar di luar Jakarta, Jamnas X kali ini digelar di ibu kota dengan tema Keren, Gembira, Asyik. (RAPP002)