Jatim Specta Night Carnival 2016, Pacitan Masuk 10 Penyaji Unggulan

oleh -1.189 views

Pacitanku.com, BLITAR – Tim dari Kabupaten Pacitan berhasil masuk menjadi 10 besar penyaji unggulan dalam gelaran acara pawai budaya Jatim Specta Night Carnival (JSNC) 2016 yang digelar di Blitar, Sabtu (30/7/2016) malam lalu dengan lokasi dimulai di lapangan Satriyan dan berakhir di pendopo Kabupaten Blitardi Kanigoro.

Dalam gelaran JSNC kali ini, Pacitan mengambil tema budaya pesisir laut selatan dengan menampikan kanjeng ratu laut kidulsebagai ikon utama. Denganpredikat 10 penyaji unggulan tersebut, Pacitan mendapat hasil yang maksimal dalam keikutsertaannya dan berhasil mengangkat budaya pacitan budaya pesisir laut selatan.

Selain Pacitan, sembilan kabupaten lainnya yang meraih predikat penyaji unggulan adalah Kabupaten Malang, Bojonegoro, Probolinggo, Kota Mojokerto, Kota Madiun, Kota Pasuruan, Tuban, Ngawi dan Sampang. Sementara untuk penyaji harapan diraih Sumenep, Bangkalan, Kabupaten Madiun dan Lamongan.

Selain kategori tersebut, juga terdapat 10 penyaji terbaik yang diperoleh Kabupaten Mojokerto, Pamekasan, Kota Blitar, Trenggalek, Kota Malang, Magetan, Kota Kediri, Gresik, Jember dan Kota Surabaya. Sementara untuk kategori mobil hias terartistik diraih Pamekasan, Kota Malang, Sumenep,Tuban dan Lamongan. Selain itu, tiga penyaji terspecta diraih Nganjuk, Lumajang dan Sidoarjo.


Sebagai informasi, agenda JSNC 2016 ini digelar sekaligus sebagai peringatan   Hari Jadi Blitar ke-692 dengan menghelat acara akabar Jatim Specta Night Carnival Tahun 2016. JSNC ini digelar ketiga kalinya, setelah dua kali acara ini diselenggarakan di Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Banyuwangi.

Parade Seni Budaya Jawa Timur “Jatim Specta Night Carnival” ini terselenggara sebagai agenda tahunan Dinas Kebudayaan & Pariwisata Provinsi Jawa Timur.

Kepala Disbupar Jatim, Jarianto mengatakan, Parade Seni Budaya ini dimaksudkan sebagai upaya pengembangan dan pemanfaatan kesenian, membuka secara luas bagi seniman dan seluruh lapisan masyarakat yang berkepentingan dibidang kesenian untuk menyalurkan bakat dan kreatifitasnya dalam berolah kesenian dan para pelaku seni tetap eksis ditengah jamannya.

“Kesenian akan tetap hidup apabila didalamnya ada kreatifitas, baik kreatifitas dalam memproduksi, menggelar, berpromosi maupun sosialiasi serta kreatif dalam menghidupi dirinya sendiri,” tandasnya singkat, Minggu (31/7/2016).

Dalam JSNC 2016 ini juga disemarakkan dengan kegiatan Pameran & Bazar Produk Unggulan Kabupaten Blitar untuk meningkatkan promosi. Selain itu ditampilkan Parade Seni Budaya Jawa Timur oleh 28 Kabupaten/Kota se Jatim.

Foto: Pacitantourism.net