Warga Serbu Posko Pendaftaran Arus Balik Lebaran Gratis 2016 Rute Pacitan Surabaya

oleh -13951 views

Pacitanku.com, PACITAN – Semangat warga Pacitan yang memanfaatkan fasilitas Balik Gratis Pacitan-Surabaya sangat tinggi. Pada hari kedua pendaftaran Balik Gratis, bus yang tersisa hanya tiga bus dari 11 bus yang disediakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur itu.

Di loket pendaftaran Balik Gratis di Kantor Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Pacitan, Selasa (21/6/2016) sekitar pukul 10.00 WIB, beberapa orang berada di loket pendaftaran Balik Gratis. Mereka membawa fotokopi Kartu Keluarga (KK) untuk mendaftar sebagai peserta program pemerintah itu.

Menurut Kasi Angkutan Orang dan Barang Dishubkominfo Pacitan, Agus Winarno, mengatakan kuota program Balik Gratis tahun 2016 ini sebanyak 550 kursi atau 11 bus.

Dia mengakui antusiasme masyarakat dalam memanfaatkan program itu sangat tinggi. Hal itu terbukti dengan pada hari kedua pembukaan pendaftaran hingga Selasa pukul 10.00 WIB sudah ada 418 pendaftar.

Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat, karena pendaftaran dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga 13.00 WIB. “Ada 11 bus dengan jumlah 550 kursi yang disediakan, di hari kedua hingga pukul 10.00 WIB, hanya tersisa tiga bus dengan jumlah 132 kursi,” ujarnya kepada wartawan.


Ia menambahkan persyaratan mengikuti program ini hanya membawa fotokopi KK/KTP. Pendaftar akan mendapatkan layanan balik gratis dan tidak dipungut biaya sama sekali. Pendaftaran dimulai sejak Senin (20/6/2016) hingga tiket habis.

Pemberangkatan program Balik Gratis itu pada Sabtu (9/7/2016) sekitar pukul 20.00 WIB. Titik kumpul Balik Gratis di Pendopo Kabupaten Pacitan.

“Untuk satu keluarga juga tidak dibatasi, berapa pun anggota keluarga yang akan berangkat dan mengikuti program itu bisa masuk, selama ada dalam KK. Kecuali untuk anak di bawah tujuh tahun, tidak mendapat tempat duduk sendiri, sedangkan anak di atas tujuh tahun akan mendapatkan kursi sendiri,” jelas dia.

Sedangkan untuk program Mudik Gratis dari Surabaya-Pacitan, kata dia, ada sebanyak 22 bus yang diberangkatkan untuk mengangkut warga Pacitan dan sekitarnya. Informasi mengenai program Mudik Gratis, kata dia, saat ini kursi sudah habis.

“Kalau untuk Jakarta-Pacitan, dari pemerintah belum ada program Mudik Gratis atau Balik Gratis. Biasanya yang menyediakan dari pihak swasta, tetapi hingga kini belum ada informasi mengenai hal itu,” pungkasnya. (RAPP002)

Sumber: Madiun Pos