Pemkab Siapkan Operasi Pasar Jika Harga Kebutuhan Pokok tak Stabil

oleh -600 views
Bupati mengunjungi salah satu lapak pedagang daging ayam di pasar Minulyo. (Foto: Pekathik Kadipaten/FB)
Bupati mengunjungi salah satu lapak pedagang daging ayam di pasar Minulyo. (Foto: Pekathik Kadipaten/FB)

Pacitanku.com, PACITAN – Dua hari jelang Ramadhan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan siap menggelar Operasi Pasar (OP) jika harga kebutuhan pokok di Pacitan belum stabil. Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Pacitan Drs H Indartato, MM saat menyampaikan sambutannya dalam “Megengan Akbar” yang digelar di halaman pendopo eks Kawedanan Lorok di Ngadirojo, Pacitan, Kamis kemarin.

Namun demikian, Indartato berharap bahwa harga kebutuhan pokok masyarakat di Pacitan tidak melambung agar masyarakat bisa memenuhi kebutuhan pokok selama Ramadhan dan Lebaran dengan tenang. “Saya berharap menjelang Ramadhan, harga bahan pokok di pasaran tidak melambung, karena ini akan membebani masyarakat,”tandasnya, dilansir laman Pemkab Pacitan.




Jika memang harga pokok masih belum stabil, imbuh Indartato, Pemkab melalui dinas terkait akan mempersiapkan menggelar operasi pasar jika dibutuhkan. “Pemerintah sudah mengantisipasi dengan mempersiapkan operasi pasar jika nanti dibutuhkan, meski ada beberapa komuditas yang sulit ditekan, seperti harga daging,”ujarnya.

Sementara di tingkat nasional, Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) dan Perum Bulog mulai telah menggelar OP di sejumlah pasar induk. Bawang dalam OP yang dilakukan sampai Lebaran tersebut dijual Rp 24.150/ kg.

Sampai Lebaran nanti, Bulog juga siap menyediakan bawang merah hingga 23.000 ton dari 12.600 ton bawang merah yang dibutuhkan. Suplai ke pasar induk dilakukan agar pedagang besar tak bisa memonopoli pasokan dan harga saat Puasa dan Lebaran. (RAPP002)