Mulai Besok, Harga BBM Kembali Turun

oleh -0 Dilihat
Ilustrasi SPBU

Pacitanku.com, JAKARTA – PT Pertamina, bakal kembali menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi. Besok, Rabu (30/3), penurunan akan dimulai dari produk Pertamax dan Pertalite.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral IGN Wiratmaja Puja mengatakan penyesuaian harga tersebut akan juga mempertimbangkan beberapa aspek yang dilihat oleh pemerintah ketika aka menetapkan harga baru untuk 1 April hingga 31 Juni mendatang.

“Yang menjadi pertimbangan kami itu bagaimana penurunan ini bisa menjangkau saat Lebaran, harga BBM tidak naik sehingga harganya stabil,” kata dia, dilansir Antara, Selasa (29/3/2016).


Selain penyesuaian harga yang ditentukan secara rutin berlangsung dalam periode tiga bulan sekali, kata Wiratmaja, juga disebabkan harga Mean of Plates Singapore (MOPS) juga mulai naik. Pemerintah sendiri, lanjut dia, tida mau menurunkan harga BBM terlalu banyak karena pada Juli mendatang akan masuk musim Lebaran.

“Penyesuaian ini untuk periode 1 April sampai 31 Juni 2016, lalu berubah lagi 1 Juli 2016. Kalau sekarang kami turunkan harganya dalam, mungkin pas lebaran harganya naik drastis,” kata dia.

Rencananya, Pertamina akan mematok harga Pertalite di angka Rp 7.100,- dan Pertamax di angka Rp 7.550,- per liter. “Pertalite jadi 7.100, Pertamax jadi 7.550,” tuturnya. (RAPP002/ant)