Pembangunan Jalur Baru Gemaharjo Masuki Tahap Relokasi

oleh -13598 views

Pacitanku.com, TEGALOMBO – Rencana pembangunan jalur baru di Dusun Dondong, Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo dipastikan tetap berjalan. Saat ini, tahap pembangunan memasuki masa relokasi rumah warga.

Kepastian tersebut disampaikan oleh pejabat bupati Pacitan, Priyo Dharmawan saat meninjau lokasi tanah amblas di Dusun Dondong, Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo, belum lama ini. “Saya rasa teman-teman UPT Bina Marga Jatim sudah koordinasi dengan pihak pemerintah desa setempat terkait pembangunan jalan itu,” katanya kepada wartawan.

Lebih lanjut, Priyo menyampaikan bahwa saat ini tahap pembangunan jalur baru tersebut sudah masuk tahap sosialisasi ke warga soal relokasi pemukiman. Terkait relokasi sendiri, Priyo mengatakan bahwa pihaknya akan membantu proses.

“Karena relokasi tidak satu paket dengan pekerjaan fisik jalan nantinya, nanti akan kami sampaikan pada saat musrenbang, yang jelas tadi kami sepakat atau ketemu solusi bahwa akan dibangun dulu jembatan bailey kembar,’’ tandasnya.




Sebagai informasi, ada 8 rumah warga yang  memilih untuk pindah. Dan saat ini masih tersisa 5 rumah warga yang masih bertahan.

13 rumah warga di lokasi tanah gerak tersebut memang beberapa waktu lalu sudah direkomendasi oleh Dinas Energi dan Pertambangan Pacitan untuk direlokasi. Rekomendasi tersebut berdasarkan hasil kajian tim ESDM bahwa daerah tersebut dianggap kurang layak untuk dihuni. 

Hal ini seiring pula dengan kondisi jalan disekitar Dusun Dondong km 228 jalur utama Pacitan – Ponorogo yang berulang kali ambles. (RAPP002)