Pacitan Kembangkan Kawasan Desa Tangguh Bencana

oleh -648 views
BPBD Pacitan saat menggelar simulasi penanganan bencana. (Foto: BPBD)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, mengembangkan sejumlah kawasan desa tangguh bencana untuk mengantisipasi besarnya potensi gempa, tsunami, banjir, maupun tanah longsor di wilayah tersebut.

“Program desa tangguh bencana sudah dirintis sejak 2013, seiring kebijakan nasional terkait program sejenis,” kata Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan Ratna Budiono di Pacitan, baru-baru ini.

Ratna menyebut hampir seluruh kampung nelayan di pesisir Pacitan telah menjadi kawasan/desa tangguh bencana. Dua desa yang lebih dulu menjadi pilot project desa tangguh bencana adalah Desa Sirnoboyo dan Kembang di Kecamatan Pacitan.

Perkampungan nelayan lain mulai dari kecamatan paling ujung barat Kabupaten Pacitan seperti Donorojo dan Pringkuku dilatih bertahap dalam kurun 2014-2015, mengikuti Desa Sirnoboyo dan Kelurahan Sidoharjo yang diberi pelatihan dasar mitigasi bencana lebih dulu. “Kami bersama warga juga membuat jalur evakuasi serta kemampuan dalam melakukan mitigasi bencana,” ujarnya.


Ratna menjelaskan, program itu sebagai upaya membentuk masyarakat mandiri untuk mengantisipasi bencana tsunami di empat kawasan pantai Pacitan. Bentuk program yang diberikan, kata Ratna, meliputi sosialisasi tentang potensi tsunami, pembuatan peta rawan bencana, jalur evakuasi, hingga kemampuan dasar mitigasi kebencanaan.”Masyarakat dibentuk menjadi mandiri untuk menghadapi ancaman gelombang tsunami jika nanti benar-benar terjadi,” ujarnya.

Ratna menjelaskan, program desa pesisir tangguh adalah sebuah program untuk menata dan meningkatkan kehidupan desa-desa pesisir nelayan agar tangguh menghadapi bencana. Kegiatan desa tangguh bencana, kata dia, berbasis pada kegiatan sosial ekonomi masyarakat pesisir, sehingga akan tanggap pada setiap potensi kebencanaan.”Desa tangguh bencana terbagi dalam beberapa kategori, ada desa tangguh bencana tsunami, desa tangguh bencana banjir, serta tangguh bencana longsor. Definisi desa tangguh bergantung potensi bencana di sekitarnya,” tuturnya. (RAPP0022/Antara)