Semaraknya Kirab Bela Negara NU Pacitan

oleh -0 Dilihat

Pacitanku.com, PACITAN – Masih dalam suasana hari lahir Nahdlatul Ulama (NU) ke 90 dan hari jadi Pacitan ke 271, ribuan warga NU Pacitan menggelar kirab bela negara yang digelar pada Kamis (18/2/2016) lalu.

Menurut Ketua PCNU Pacitan KH Mahmud, Apel Bela Negara dilakukan untuk memberikan kesadaran kepada warga Nahdliyin atas perjuangan dan jasa para ulama yang berperan aktif dalam rangka menegakkan NKRI, baik sebelum kemerdekaan, pasca kemerdekaan hingga dalam mengisi kemerdekaan.

“Dengan bertambahnya usia NU ini, semoga warga NU semakin besar rasa cintanya terhadap bangsa Indonesia dan bersama-sama membesarkan dan mempertahankan NKRI, dengan berdasar Pancasila dan UUD 1945,” katanya, dilansir Pacitanku.com laman pondoktremas.com, Senin (22/2/2016).


Sejumlah pengurus PCNU Pacitan hadir dalam acara tersebut, yakni Rais Syuriyah KH Imam Faqih, Ketua PCNU KH Mahmud, Ketua GP Ansor Khoirul Anam dan beberapa pengasuh pesantren di Pacitan.  Kirab dilepas oleh Rais Syuriah PCNU Pacitan KH Imam Faqih, disaksikan oleh Katib Syuriyah PBNU KH Luqman Harits dan jajaran tanfidziyah.

Rombongan kirab melewati jalan protokol menuju alun –alun pacitan. Ribuan massa yang terdiri dari anggota banser, Banom NU, santri, dan mahasiswa dengan semangat mereka membaca lantunan shalawat.

Kirab diakhiri dengan kegiatan apel yang dipimpin oleh Komandan Kodim 0801 Pacitan. Ketua PCNU KH Mahmud menyerahkan secara simbolis Panji-Panji Merah Putih dan Bendera NU kepada Dandim 0801 Pacitan sebagai bentuk komitmen NU bersama TNI untuk turut mengawal kedaulatan NKRI. (RAPP002)