Masyarakat Worawari Gelar Baksos dan Eretan

oleh -5 Dilihat

Pacitanku.com, KEBONAGUNG – Masyarakat Desa Worawari, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan bekerja sama dengan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Pacitan menggelar kegiatan bakti sosial dilanjutkan dengan tradisi eretan pada Minggu (10/1/2016) pagi WIB.

Agenda yang digelar berkat kerjasama dengan Pokwasmas Samudera Abadi Pantai Dangkal yang didukung oleh Tim Griya Aspirasi EBY, Tim JTV Pacitan, Radio Suara Pacitan, DKP, Hutbun dan Satpol PP tersebut adalah bentuk sumbangsih anggota RAPI untuk masyarakat .


Baksos dan eretan tersebut diikuti lebih dari 150 peserta dari berbagai komunitas dan lembaga. Adapun pesertanya adalah anggota RAPI Pacitan lebih dari 100 orang dan warga worawari juga lebih dari 50 orang.

“Sungguh bentuk sinergitas yg dinamis antar ormas, pemerintah dan masyarakat dalam upaya menciptakan suasana yg bersih, indah dan rapi menuju pacitan sebagai kota wisata,” kata Wasito, Kepala Desa Worawari, Kebonagung.

Usai menggelar baksos, para peserta menggelar tradisi eretan. Tradisi eret adalah mencari ikan dengan metode jaring panjang yang dipasang melingkari teluk. Kedua ujung jaring ada di daratan dan kemudian ditarik bersama untuk menggiring ikan kearah pesisir.

Ikan yg berhasil digiring nantinya akan terperangkap ke dalam jaring panjang tersebut, atau menangkap ikan jaring keruk. Adapun, tangkapan ikan hasil eretan di bagi sama rata kepada seluruh orang yang ikut narik jaring tersebut. (RAPP002)