BPS Pacitan Rekrut 493 Petugas Sensus Ekonomi 2016

oleh -1 Dilihat

Pacitanku.com, PACITAN – Badan Pusat Statistik (BPS) Pacitan akan merekrut 493 petugas sensus yang akan bertugas melakukan sensus ekonomi 2016 selama satu bulan di 12 kecamatan yang ada di Pacitan.

493 petugas tersebut teridiri dari 367 petugas pencacah lapangan atau pendata dan 126 petugas pemeriksa. Petugas sensus yang diterima nantinya akan bertugas selama satu bulan untuk melakukan pendataan di masing-masing daerah yang sudah ditentukan. Yakni mulai 1-31 Mei 2016 mendatang.

Kepala Seksi Statistik Distribusi BPS Pacitan Yudianto, mengatakan bahwa seleksi petugas ini dibuka untuk umum sepanjang memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Perekrutan akan dibuka lima hari, mulai 11-15 Januari 2016 dengan datang  ke Kantor BPS Pacitan atau melalui petugas di masing-masing kecamatan.

Bagi pendaftar yang lolos seleksi, akan dilakukan pelatihan oleh pegawai BPS sebelum nantinya ditugaskan melakukan sensus. “Persyaratan umum, minimal lulusan SLTA dan usia maksimal 50 tahun. Jadi petugas akan bekerja melakukan pendataan di lapangan selama satu bulan,” jelasnya melalui surat pengumuman nomor B.001/35011/BPS/1/2016.


Yudi mengatakan, dalam sensus ekonomi, tidak semua warga disensus. Sebab untuk sensus ekonomi mencakup semua usaha, kecuali sektor pertanian. Sehingga tidak semua desa dilakukan sensus. Untuk itu, petugas di masing-masing kecamatan jumlahnya berbeda.

Hasil dari sensus nantinya akan dimanfaatkan berbagai pihak. Seperti untuk perencanaan pembangunan dan evaluasi pembangunan yang akan digunakan untuk mengambil kebijakan untuk kepentingan masyarakat.

Untuk jadwal seleksi dibagi menjadi tiga tahap, yakni seleksi Administrasi pada tanggal 9-15 Januari 2016. Hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada tanggal 22 Januari 2016. Kemudian dilanjutkan dengan tes tulis dan wawancara pada tanggal 25-28 Januari 2016. Jadwal tes tulis dan wawancara diumumkan bersamaan dengan pengumuman hasil seleksi administrasi.

Selanjutnya, hasil seleksi tulis dan wawancara akan diumumkan pada tanggal 5 Februari 2016 melalui website BPS Kabupaten Pacitan www.pacitankab.bps.go.id atau di papan pengumuman BPS Kabupaten Pacitan.

Adapun, berikut adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi calon petugas Sensus Ekonomi 2016. Yang pertama, berpendidikan minimal SLTA atau sederajat dan umur maksimal 50 tahun; (bagi mereka yang pendidikannya dibawah SLTA dan atau umur lebih dari 50 tahun, berpengalaman ikut sensus/survei BPS minimal 3 kali).

Selanjutnya, jika pelamar merupakan PNS/GTT/Honorer/Karyawan swasta/perangkat desa, harus mendapatkan ijin tertulis dari pimpinannya. Berikutnya adalah berintegritas, disiplin dan berkomitmen terhadap tugasnya sebagai petugas SE2016.

Syarat selanjutnya adalah mampu menulis dengan baik dan jelas, sesuai dengan standar tulisan scanner, kemudian mampu berkomunikasi dan mampu berkoordinasi dengan baik dan siap untuk ditugaskan di seluruh wilayah Kabupaten Pacitan.

Syarat berikutnya diutamakan yang telah berpengalaman mengikuti sensus dan survei BPS dan bersedia mengikuti seleksi tulis dan wawancara

Adapun, surat lamaran menjadi petugas SE2016 harus ditulis sendiri dengan tangan menggunakan huruf kapital ditujukan kepada Kepala BPS Kabupaten Pacitan.

Selanjutnya bersedia menandatangani kontrak kerja sebagai petugas SE2016 dan mengikuti seluruh tahapan kegiatan SE2016 yang ditentukan BPS dan tidak sedang terikat kontrak kerja dengan pihak lain.

Jika berminat, Surat lamaran dikirimkan ke kantor BPS Kabupaten Pacitan Jl. Ronggowarsito No. 2 Pacitan dengan dilengkapi berkas biodata Calon Petugas, foto copy KTP yang masih berlaku 1 lembar, foto copy ijazah terakhir 1 lembar, foto copy NPWP 1 lembar (bagi yang memiliki).

Selanjutnya adalah pas Foto ukuran 4 x 6 warna 2 lembar dan surat ijin/Rekomendasi Atasan (bagi yang bekerja: PNS/GTT/Honorer/Karyawan Swasta/Perangkat Desa). (RAPP002)