Hujan Deras Guyur Pacitan, Longsor Lumpuhkan Jalur Provinsi

oleh -0 Dilihat

Pacitanku.com, TEGALOMBO – Hujan deras yang mengguyur sebagian kawasan Pacitan pada Rabu (16/12/2015) hari ini menyebabkan bencana tanah longsor kembali terjadi di jalur utama Provinsi di Pacitan-Ponorogo, tepatnya di Dusun Gamping, Desa Ngreco, Kecamatan Tegalombo.

Informasi yang diperoleh dari Koramil 0801/04 Tegalombo, bongkahan material tanah longsor yang berupa batuan dan tanah menutupi sebagian badan jalan. Akibatnya, jalur tersebut lumuh, kendaraan yang lewat jalur tersebut bisa lewat dengan sistem buka tutup.

“Kejadian tanah longsor tersebut terjadai pada rabu sore sekitar pukul 17.40 WIB, sehingga menyebabkan sebagian jalan tertutup longsoran, sehingga kami harapkan pengguna jalan harap lebih berhati-hati jika melintas di jalur tersebut,” ujar Danramil 0801/04 Tegalombo, Kapten Suradji kepada Pacitanku.com.

Untuk melakukan langkah antisipasi, Koramil setempat melakukan cek lokasi dan berkoordinasi dengan aparat terkait untuk menghubungi alat berat guna menyingkirkan material tersebut.


Sebelumnya pada Senin (14/12/2015) lalu, longsor juga terjadi di Dusun Krajan Desa Wonosidi Kecamatan Tulakan. Akibat hujan terus menerus sejak pagi hingga sore hari, mengakibatkan longsornya talud masjid sepanjang 12 meter dengan ketinggian sekitar 3 meter. 

Adapun, material berupa tanah dan batu tersebut mengenai rumah Sutrisno (45 tahun) warga Rt 08 Rw 02 Dusun Krajan Desa Wonosidi Kecamatan Tulakan, yang mengakibatkan rusaknya tembok 2 buah kamar miliknya.

Diprediksi, bencana tanah longsor masih akan terus terjadi di beberapa titik di Pacitan, mengingat  kondisi cuaca yang sudah memasuki musim hujan. (BSPP005)

Liputan: Bambang

Foto: Uzzhie