Asyiknya Menikmati Batu Mirip “Lumba-lumba” di Pantai Bakung Pacitan

oleh -7 Dilihat

Pacitanku.com, KEBONAGUNG – Pacitan adalah surganya wisata, terutama wisata pantai. Dari 67 wisata pantai yang ada dalam data Pacitanku.com, semua pantai tersebut memiliki ciri khas masing-masing yang menambah pesona alam wisata di Pacitan.

Salah satu yang memiliki ciri khas unik dengan bebatuan karangnya di Pacitan adalah pantai Bakung. Pantai yang terletak di Dusun Kalitani, Desa Karangnongko, Kecamatan Kebonagung ini memiliki ciri khas batu karang yang berbeda dari pantai lain di Pacitan. Pantai ini memiliki ciri khas ada batu karang dan bisa disebut pulau kecil  yang menyerupai ikan lumba-lumba, lengkap dengan ekor, badan yang gemuk dan mulut ikan yang lucu tersebut.  Ini adalah keunikan dari Pantai Bakung tersebut, dimana batu cadas unik di tumbuhi pepohonan hijau.

Selain disebut mirip ikan lumba-lumba, banyak traveller yang sering mengunjungi pantai ini menyebut pulau tersebut mirip dengan ikan paus atau bahkan ada yang menyebit mirip penyu atau kura-kura. Namun, yang lebih indah adalah kealamian dan pesona sejuk dan ombak besar di pantai ini yang menyajikan keindahan tersendiri bagi siapapun yang menikmatinya.

Kondisi pantai bakung sendiri adalah sebuah pantai yang memiliki garis pantai, namun tidak terlalu luas. Ada empat titik tempat terindah menikmati kealamian pantai Bakung yang masih alami ini, yakni titik utama adalah spot menikmati batu karang lumba-lumba, kemudian goa kecil di bagian timur pantai.

Goa kecil yang berbatasan langsung dengan bibir pantai ini terlihat ada genangan air kemudian di di titik ini juga ada bebatuan karang yang unik yang memecah ombak. Sementara satu bagian bebatuan di titik tersebut memiliki celah dibawahnya atau berlubang tembus dan bisa di lalui ke sisi perairan yang lain. Keunikan lainnya adalah panorama sawah milik masyarakat setempat yang menambah kesejukan dan keindaha pantai yang masih sangat alami ini.

Titik keempat adalah suasana pantai yang sejuk dengan panorama tebing-tebing pepohonan hutan hijau, selain itu di titik ini  juga di pakai untuk singgah perahu-perahu nelayan sekitar yang profesinya menangkap ikan di perairan Bakung, Karangnongko, Kebonagung.

Pantai Bakung ini masih bertetangga dengan tiga pantai lain di kawasan Kecamatan Kebonagung, yakni pantai Pangasan, Pantai Sangklehan dan Pantai Srengit. Nah, jika Anda ingin berkunjung ke pantai ini, jarak perjalanan dari pusat kota ke Pacitan hanya sekitar 25 sampai 30 menit, dengan jarak kurang lebih 25 km ke arah timur Pacitan.

Adapun, rute lengkap menuju ke pantai ini adalah dari arah kota melewati Jalur Lintas Selatan (JLS) dekat pasar Arjowinangun, kemudian mengambil arah belok kanan menuju ke timur hingga di jembatan Sungai Jelok, Desa Kayen, Kecamatan/Kabupaten Pacitan.

Selanjutnya, dari sini, pada akhir jembatan, ada arah belok ke kanan dan masuk ke gerbang perbatasan Desa Karangnongko, Kecamatan Kebonagung. Nah, disinilah Anda akan menikmati panorama sawah milik masyarakat setempat, yang hijau, terbentang luas dan tentunya sangat indah.

Arah menuju ke pantai kemudian dilanjutkan naik hingga sampai di pertigaan menuju ke arah Desa Kalipelus dan karangnongko, kemudian ambil ke kanan dan ada sebuah tugu. Kemudian dari sana, anda bisa mengambil rute belok kiri dan terus mengikuti jalur utama, hingga kemudian sampailah ke Pantai Bakung yang eksotik.

Selamat menikmati keindahan dan alaminya Pantai Bakung, namun tetap jaga kebersihan obyek wisata, dan selalu buang sampah pada tempatnya. Selamat berkunjung. (RAPP002)