Slamet Effendy Yusuf Konsisten Bangun Kerukunan Umat Beragama

oleh -0 Dilihat

Pacitanku.com, JAKARTA – Ketua Komisi Pengawas Haji Indonesia (KPHI) KH Slamet Effendi Yusuf meninggal dunia pada Rabu (02/12) pukul 23.00 WIB di Bandung.  Slamet meninggal dunia di Hotel Ibis Styles, Jalan Braga Nomor 8, Bandung, Jawa Barat.

Sebagai informasi, hotel itu menjadi tempat menginap dalam rangkaian kegiatan MPR dari 1 sampai 3 Desember ini. Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan duka mendalam dan mengaku  kehilangan atas kepergian almarhum.

“Saya mengenal almarhum sebagai sosok yang rajin dan konsisten dalam membangun kerukunan umat beragama di Tanah Air,” kata Menag, Kamis (03/12/2015) dilansir laman Kemenag.

Menurutnya, almarhum adalah sosok politisi yang senantiasa menempatkan agama dalam konteks ke-Indonesiaan. “Wawasan kebangsaan yang dimilikinya menyebabkan almarhum selalu mengaitkan ke-Islaman dengan ke-Indonesiaan,” kata Menag.

Semasa hidupnya, almarhum dikenal sebagai aktivis. Slamet pernah tercatat sebagai Ketua Umum GP Anshor Nahdlatul Ulama selama dua periode. Almarhum juga pernah menjadi anggota DPR  RI dan  Pengurus MUI Pusat. Saat ini, almarhum  tercatat sebagai  Wakil Ketua Umum PB Nahdlatul Ulama.

Selain itu,  almarhum juga dipercaya sebagai Ketua Komisi Pengawas Haji Indonesia (KPHI) dan Dewan Pembina Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI). Menag Lukman menilai kontribusi almarhum dalam meningkatkan kualitas haji  besar. “Sebagai Amirul Hajj dalam dua kali musim haji terakhir, saya banyak menerima masukan perbaikan dari almarhum,” terangnya.

Jenazah almarhum saat ini disemayamkan di rumah duka, Kompleks Perumahan Citra Gran, Castle Garden Blok H-5 No. 18 Cibubur Jakarta Timur dari jam 06.00 – 12.00 WIB.