Satu Jamaah Haji Pacitan Wafat di Tanah Suci

oleh -131.032 views
Ilustrasi Jamaah Haji Wafat
Ilustrasi Jamaah Haji Wafat

Pacitanku.com, PACITAN – Seorang Calon Jamaah haji (CJH) asal Pacitan dikabarkan meninggal dunia setelah menempuh perjalanan dari Surabaya menuju ke Arab Saudi pada Senin (24/8/2015). Jamaah haji perempuan atas nama Suparti Soimin Kromoharjo tersebut meninggal dunia pada usia ke 70, di penginapannya di Madinah, Arab Saudi, Senin (24/8) pukul 13.59 waktu setempat.

Berdasarkan informasi yang diterima Media Center Haji di Mekah, Suparti yang merupakan warga RT/RW 03/06, Krajan, Bangunsari, Pacitan tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 4 dengan embarkasi Surabaya, Jawa Timur.  Saat ini, keluarga Suparti sedang berada di rumah duka untuk menunggu kabar selanjutnya.

Suparti bersama rombongan tiba di Madinah pada hari Senin sekitar pukul 03.05 Waktu Saudi Arabia (WAS) dengan menumpang pesawat Saudi Airlines bernomor SV 5707. “Almarhumah meninggal dunia di hotel (Hotel Mawwadah Safwa). Selanjutnya dibawa ke rumah sakit Arab Saudi,” kata Kepala Daerah Kerja (Daker) Bandara Jeddah-Madinah Panitia Penyelenggara Haji Indonesia (PPHI) Nurul Badruttamam.

Dari hasil pemeriksaan dokter, perempuan berusia 70 tahun ini memiliki riwayat penyakit jantung, acute coronary syndrome, diabetes melitus, dan hipertensi.

Sementara, menurut kabar yang beredar, jenazah Suparti hingga berita ini diturunkan sudah dimandikan dan disholatkan.  Terkait pemulangan akan dilakukan oleh PPIH embarkasi Surabaya setelah dokumen jenazah komplit, karena saat ini surat masih dalam proses untuk pengurusan oleh tim pendamping ibadah haji (TPIH) Pacitan.

Foto Suparti di Dokumen Haji. ( Foto: Lieck Mick/Info Pacitan)
Foto Suparti di Dokumen Haji. ( Foto: Lieck Mick/Info Pacitan)

Menurut informasi yang beredar, jika semuanya bisa diselesaikan pada Rabu ini, bisa dimungkinkan jenazah bisa segera sampai di Pacitan, karena semua dokumen terlanjur sudah dimasukkan ke Kedutaan Besar Kerajaan Arab Saudi. 

Suparti masuk ke kelompok terbang (kloter) empat dan lima dari embarkasi Surabaya, diberangkatkan Ahad malam (23/8/2015). Suparti merupakan anggota jemaah haji pertama asal Indonesia yang meninggal di Tanah Suci. Saat ini jumlah anggota jemaah haji Indonesia yang sudah tiba di Madinah mencapai 12.991 orang yang tergabung dalam 32 kloter.

Rinciannya, kloter empat terdiri dari 261 jemaah dari Pacitan dan 184 dari Surabaya. Dua kloter ini diberangkatkan ke Arab Saudi sekitar pukul 20.30 WIB dan pukul 23.30 WIB.  

Selain meninggalnya seorang jamaah, sebanyak 26 CJH asal pacitan hingga saat ini juga masih terganjal visa, sehingga  pemberangkatannya ditunda. Pemerintah sendiri melalu Kementerian Agama berjanji akan segera menyelesaikan persoalan visa ini, bahkan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memastikan permasalahan visa bisa selesai dalam waktu tiga hari kedepan. (RAPP002)