Mutu Ikan Turun Akibat Minimnya Persediaan Es di Sejumlah TPI di Pacitan

oleh -10 Dilihat
Kapal nelayan dan jala penangkap ikan mangkrak di Pantai Tamperan. (Foto : Dok.Pacitanku)
Kapal nelayan dan jala penangkap ikan di Pantai Tamperan. (Foto : Dok.Pacitanku)
Perahu Nelayan berjejer di Pelabuhan Tamperan (Dok.Pacitanku)
Perahu Nelayan berjejer di Pelabuhan Tamperan (Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN—Kualitas produksi ikan di sejumlah Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Pacitan mengalami penurunan mutu. Menurut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pacitan, Muhammad Yunus, penurunan mutu ikan tersebut ditengarai akibat minimnya persediaan es.

“Biasanya, untuk memenuhi kebutuhan pendinginan ikan di Pacitan setidaknya membutuhkan sekitar 60 ton es tiap harinya, sementara, saat ini ketersediaan es di Pacitan hanya sekitar 50 ton saja,” katanya, belum lama ini.

Dikatakan Yunus, kualitas dan mutu yang kurang bagus disebutkan juga menjadi penyebab nilai harga jual di tingkat nelayan.” Minimnya ketersediaan es membuat mutu ikan pada beberapa TPI di Pacitan kurang maksimal, kalah bersaing dengan hasil tangkapan nelayan wilayah lain, seperti Cilacap,” keluhnya.

Selain mutu yang menurun akibat kurangnya es untuk pendingin, kekurangan lainnya adalah pada sarana pendingin di TPI di Pacitan. “ Sarana pendingin ini sendiri masih mengandalkan pasokan dari luar Solo, dan permasalahan minimnya ketersediaan es sering membuat sejumlah nelayan resah,”pungkasnya. (JTV/RAPP002)