Guru Diminta Lebih Gaul dan Peka Informasi

oleh -0 Dilihat
Anies Baswedan (Foto : aniesbaswedan.net)
Anies Baswedan (Foto : aniesbaswedan.net)
Anies Baswedan (Foto : aniesbaswedan.net)
Anies Baswedan (Foto : aniesbaswedan.net)

Pacitanku.com, PADANG – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Anies Baswedan meminta guru di Tanah Air lebih melek terhadap media massa sehingga dapat ditularkan kepada murid di sekolah.

“Tidak ada pilihan hari ini kita banjir informasi, sebelum pelajar melek media dimulai dari guru terlebih dahulu,” kata Anies saat pencanangan Gerakan Nasional Remaja Melek Media yang diparakarsai oleh Persatuan Wartawan Indonesia dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Auditorium Gubernur Sumbar, Senin (15/6) kemarin.

Ia mengatakan guru harus membekali diri dengan kemampuan mengakses menganalisa, memilih dan memilah sampai menciptakan informasi dan media. “Jika guru tidak membaca, maka jangan harap siswa akan membaca, kalau guru tidak menulis, jangan harap siswanya akan menulis,” katanya.

Ia mengatakan jika di sekolah dipasang koran dinding sementara guru tidak baca, sulit rasanya anak-anak akan membaca juga. “Kalau perlu langganan majalah bukan hanya nasional tapi internasional sehingga pelajar bisa melihat perspektif internasional,” katanya. (Gulalives/DP/Ant)