Ini Tiga Rute Menuju Pantai Tercantik Nomor 10 di Indonesia

oleh -37 Dilihat
Keindahan pesona Pantai Klayar. (Foto: Arif Sasono)
Tempat Wisata Pacitan, Keindahan pesona Pantai Klayar. (Foto: Arif Sasono)

Pacitanku.com, PACITAN – Pantai Klayar yang terletak di Dusun Kendal, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo diakui banyak pihak menjadi salah satu pantai tercantik dan terpopuler di Indonesia. Bahkan, TripAdvisor, situs perjalanan terbesar di dunia memasukkan pantai ini menjadi pantai tercantik dan terpopuler ke sepuluh di Indonesia. (Baca: Keren, Klayar Masuk 10 Pantai Tercantik di Indonesia).

Ciri yang cukup menonjol di pantai Klayar ini adalah pasir putih, batu karang, yang berpadu dengan batuan karst. Selain itu di Pantai Klayar juga terdapat Seruling Samudera yang membuat ciri khas tersendiri, yakni terbentuk dari ombak yang menerobos dari bawah celah-celah karang.  Kemudian enyembur ke atas semacam air mancur diiringi suara mirip bunyi seruling. (Baca: Berkunjung ke Pantai Klayar, Sebaiknya Pagi, Siang atau Sore Hari?).

Saat musim liburan atau akhir pekan tiba, Pantai Klayar selalu ramai dipadati wisatawan baik lokal maupun luar Pacitan. pada akhirnya, pantai ini sering terjadi  antrian dan mcet untuk masuk ke pantai. Hal itu dikarenakan jalur utama pantai Klayar yang masih belum lebar.

Agar terhindar dari kemacetan dan antrian yang cukup panjang, rute –rute berikut ini mungkin bisa menjadi alternatif anda saat akan berkunjung ke Pantai Klayar.

Yang pertama adalah rute utama, yakni jalur Punung-Bomo-Klayar

Jalur ini adalah jalur utama yang digunakan untuk menuju ke Pantai Klayar. Kondisi jalannya sudah diaspal mulus, dan sudah diperlebar hingga Desa Kalak. Jika dari arah Trenggalek dan Ponorogo, lebih dulu menuju Kota Pacitan. Kemudian dari Kota Pacitan ambil jalur bus jurusan Pacitan-Solo. Bisa juga melalui jalan pintas via jalur Sedeng, tetapi jalur ini khusus untuk kendaraan kecil. Sementara bus besar tidak boleh lewat jalur ini karena jalannya menanjak curam dan banyak tikungan tajam. Lewat jalan pintas ini bisa menghemat jarak sekitar 12 Km. Jalannya pun sudah diaspal mulus dan lumayan lebar.

Baik lewat jalur bus maupun jalan pintas, tujuannya adalah punung. Sampai Pasar Punung lurus  terus, melewati POM Bensin dan setelah masjid besar Punung ada pertigaan belok kiri. Jika dari arah Solo ataupun Yogyakarta, ikuti jalan utama menuju Kota Pacitan. Setelah melewati Puskesmas Punung ada pertigaan, belok kanan.

Dari pertigaan Punung ini ikuti jalan utama yang sudah ada penunjuk arah menuju Gua Gong. Sekitar 7 Km kemudian akan sampailah di area wisata Gua Gong. Ada pertigaan, yang kiri menuju Gua Gong, ambil yang lurus menuju Pantai Klayar. Ikuti terus jalan utama, sampai bertemu perempatan Kantor Desa Kalak / Puskesmas Kalak.

Di perempatan ini belok kiri, dan setelah melewati Pasar Kalak ketemu pertigaan. Ambil jalan yang kiri, (kalau yang kanan menuju Pantai Buyutan, Pantai Banyu Tibo, Pantai Kijingan dan Pantai Nampu). Ikuti terus jalan tersebut, nanti akan melewati gapura masuk Desa Sendang. Sekitar 300 meter dari gapura ini ada pertigaan, ambil jalan yang ke kanan. (Baca: Asyiknya Bermain ATV di Pantai Klayar Pacitan)

Jalur yang kedua adalah jalur alternatif Pringkuku-Maron

Jalur ini kebanyakan dipakai oleh pengendara motor. Tetapi terkadang mobil pribadi ada juga yang memakai jalur ini. Jalan di jalur ini ada beberapa titik yang lumayan ekstrem baik tanjakan maupun turunannya. Jika dari arah Kota Pacitan, bisa mengikuti jalur bis Pacitan-Solo, bisa juga melalui jalan pintas via Sedeng. Jika lewat jalur bus, sampai pertigaan Pringkuku belok kiri, jika via Sedeng sampai pertigaan Bulu (pertigaan bertemunya jalur sedeng dengan jalur bus) belok kiri, sekitar setengah km ketemu pertigaan Pringkuku belok kanan. Demikian juga jika dari arah Solo maupun Yogyakarta ikuti jalur utama menuju Kota Pacitan. Sampai pertigaan Pringkuku belok kanan.

Selanjutnya, dari pertigaan Pringkuku ikuti terus jalan utama. Jika bertemu pertigaan yang ada patung kuda, ambil yang lurus menurun. Yang kiri ada patung kuda arah menuju Gua Luweng Jaran. Ikuti terus jalan utama arah menuju Desa Dersono.

Setelah masuk Desa Dersono jika ketemu pertigaan ambil jalan yang kanan (Kalau yang kiri agak nanjak arah menuju Pantai Watukarung). Dari pertigaan ini lurus terus ikuti jalan, nanti akan ketemu turunan curam. Akhir turunan melewati jembatan di atas sungai.

Nah itu adalah Maron, dari sini kita bisa arung sungai Maron menuju Pantai Ngiroboyo. Setelah ini jalan menyisir sungai maron. Setelah melewati kuburan jalan mulai menanjak curam dan berliku. Sampai akhir tanjakan jalan kemudian ada turunan sedikit, nah disitu ada pertigaan. Ambil yang lurus (kalau kekiri lewat jalan makadam arah menuju PantaiNgiroboyo). Setelah pertigaan ini sekitar setengah kilometer ketemu pertigaan lagi, nah kali ini belok kiri menuju Pantai Klayar, kalau lurus menuju kalak (jalur pulang via Gua Gong – Punung).

Namun jika anda datang ke Pantai Klayar saat hari aktif, tidak usah melewati jalur ini, karena jalur utama tidak akan macet. Lain halnya jika anda ingin berpetualang. (Baca: Ini Dia Cara Aman Berwisata di Pantai Klayar)

Yang ketiga adalah jalur Dadapan-Watukarung-Klayar

Pantai Klayar dari atas tebing. (Foto: Arif Sasono)

Jalur ini bisa digunakan jika sebelum ke Pantai Klayar berencana mampir dulu di Pantai Watukarung ataupun Pantai Srau. Dari arah Pacitan Kota ikuti jalur bus jurusan Pacitan-Solo. Sekitar 10 km ada pertigaan Dadapan, belok kiri dan terus ikuti jalan utama. Nanti di wilayah Desa Candi akan bertemu pertigaan dengan penunjuk arah yang kiri menuju Pantai Srau, dan yang ke kanan menuju Pantai Watukarung. Jika tidak berencana ke Pantai Srau maka ikuti jalan menurun arah Pantai Watukarung. Ikuti terus jalan aspal utama maka akan sampai kawasan Pantai Watukarung.

Selanjutnya, dari Pantai Watukarung ikuti terus jalan aspal. Awalnya jalannya masih baik, tetapi kemudian berganti dengan jalan aspal yang sudah rusak. Kendaraan roda 2 dan roda 4 masih bisa melewati jalur ini tetapi harus ekstra hati-hati, karena selain rusak kondisi jalan juga sempit.  Nanti jika ketemu pertigaan ambil yang lurus.

Tak jauh dari pertigaan ini akan ketemu pertigaan lagi, kali ini ambil yang kiri (yang kanan ke arah pringkuku). Nah pertigaan ini sudah ketemu dengan jalur yang dari arah Pringkuku. Dari pertigaan ini selanjutnya ke Pantai Klayar seperti yang sudah dijelaskan di Jalur Pringkuku-Maron-Klayar.

Nah, demikian beberapa rute yang bisa anda peroleh saat akan berkunjung ke pantai Klayar. Selamat menikmati keindahan pesona Pantai Klayar, pantai tercantik nomor 10 di Indonesia. (Arif Sasono/Infonyapacitan/RAPP002)