Suasana Shalat Gerhana di Perguruan Pondok Tremas Pacitan

oleh -0 Dilihat
Gerhana bulan Total di langit Pacitan. (Foto: Dok Pacitanku)
Gerhana bulan Total di langit Pacitan. (Foto: Dok Pacitanku)
Gerhana bulan Total di langit Pacitan. (Foto: Dok Pacitanku)
Gerhana bulan Total di langit Pacitan. (Foto: Dok Pacitanku)

Pacitanku.com, ARJOSARI – Saat waktu spesial gerhana bula total, seluruh Santri Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan melaksanakan shalat gerhana bulan atau shalat khusuf pada saat terjadi gerhana bulan total pada Sabtu malam (4/4/2015). Para santri dengan khusu’ dan rapi memenuhi masjid Pondok Tremas dan Gedung Aula.

Dalam shalat gerhana tersebut, pengasuh pondok Tremas, KH. Luqman Harist memimpin langsung Jamaah sholat khusuf dan bertindak sebagai khotib. Dalam khatibnya, Kyai Luqman menyampaikan bahwa fenomena gerhana Bulan adalah fenomena alam yang sering terjadi dan dapat dibuktikan secara ilmiah. Gerhana terjadi sebagai wujud kekuasaan Allah SWT.

Selama gerhana berlangsung, kaum muslimin disunahkan untuk melaksanakan sholat gerhana. Sholat gerhana atau dikenal dengan Shalat khusuf hukumnya sunnah muakkadah atau sangat diutamakan. Shalat gerhana dikerjakan dengan dua rakaat sebagaimana shalat sunnah biasa, namun ada rukun yang berbeda.

Dilansir dari laman resmi Pondok Tremas, Kyai Luqman juga mengajak kepada seluruh santri untuk memperbanyak membaca istighfar, takbir dan amal ibadah lain serta dianjurkan untuk bersedekah. Setelah selesai menunaikan sholat khusuf, para santri melanjutkan dengan sholat isya’ berjamaah yang dipimpin oleh KH.Rotal Amin.

Sebagaimana dilansir NU Online, menurut data hisab Lajnah Falakiyah PBNU menunjukkan bahwa gerhana bulan gerhana bulan total akan terlihat di seluruh wilayah Indonesia pada hari Sabtu 4 April 2015. Ketua Lajnah Falakiyah PBNU KH A. Ghozalie Masroeri menyampaikan, gerhana bulan malam ini terjadi dengan beberapa tahap:

 

  1. Awal Gerhana Bulan Penumbra pkl 16:01:27 WIB
  2. Awal Gerhana Bulan Sebagian pkl 17:15:45 WIB
  3. Awal Gerhana Bulan Total pkl 18:57:54 WIB
  4. Pertengahan Gerhana pkl 19:01:24 WIB
  5. Akhir Gerhana Bulan Total pkl 19:05:37 WIB
  6. Akhir Gerhana Bulan Sebagian pkl 20:44:46 WIB
  7. Akhir Gerhana Bulan Penumbra pkl 21:58:58 WIB