Seniman Asal Melbourne Gelar Workshop Seni Tari Kesupen di Pacitan

oleh -0 Dilihat
Workshop Kesupen LKP Pradapa Loka Bhakti
Workshop Kesupen LKP Pradapa Loka Bhakti
Workshop Kesupen LKP Pradapa Loka Bhakti
Workshop Kesupen LKP Pradapa Loka Bhakti

Pacitanku.com, PACITAN—Empat seniman ternama asal Melbourne, Australia menggelar workshop seni tari yang digelar oleh LKP Seni Pradapa Loka Bhakti, Pacitan, Selasa (13/1) hingga Rabu (14/1) mendatang.

Workshop Kebudayaan yang bertajuk kesupen itu adalah sebuah karya yang merupakan kombinasi seni gerak dengan harmoni alam dan kekayaan potensi lokal.

Menurut pelatih tari LKP Seni Pradapa Loka Bhakti, Deasylina Da Ary, empat seniman yang tergabung dalam Tony Yap Company ini akan membawakan empat materi dalam workshop kebudayaan tersebut, diantaranya adalah Movement (gerak), music dan visual instalation.

“Keempatnya adalah Tony Yap, Medeleine Flynn, Tim Humphrey, Naomi Ota. Tony Yap Company mempunyai kerja kolaborasi dengan Padepokan Surya Kencana Yogyakarta,” tandasnya kepada Portal Pacitanku, Ahad (11/1/2015).

Lebih lanjut, Deasylina menyampaikan bahwa selain di Pacitan, Tony Yap Company lebih dahulu menggelar workshop kebudayaan dan seni tari serupa di Yogyakarta. “Mereka perform besok malam tanggal 12-01-2015 jam 20.00 di Ndalem Surya Wijayan Yogyakarta, setelah itu mereka mengadakan workshop di LKP Pradapa Loka Bhakti itu, begitu mas,” jelasnya.

Workshop seni tari ‘Kesupen’ yang akan digelar di LKP Pradapa Loka Bhakti, Desa Pelem, Pringkuku adalah sebuah karya seni tari yang dimana peserta lokakarya akan membawa keahlian khusus dan bahan-bahan untuk menanggapi beberapa atau semua tema.

Dalam workshop ini, peserta dapat membawa komposisi mereka sendiri, beberapa bahan dari kebun mereka, atau cara tertentu bergerak. Mereka akan dipandu untuk bekerja dengan bahan mereka. Sementara di terakhir, semua peserta membawa kerja mereka bersama-sama untuk bersama, latihan improvisasi dalam praktek kolaboratif

Dalam roundown acaranya, selain materi workshop juga akan diagendakan Pradap Loka Bhakti perfom dan mengunjungi Goa Tabuhan di Donorojo untuk melakukan simulasi akhir workshop. (DPPP001)