Proyek Fisik Pacitan Ditarget Selesai di Triwulan Keempat

oleh -1.422 views
Proyek Pembangunan Jembatan Gelon. (Foto : Dishubkominfo Pacitan)
Proyek Pembangunan Jembatan Gelon. (Foto : Dishubkominfo Pacitan)
Proyek Pembangunan Jembatan Gelon. (Foto : Dishubkominfo Pacitan)
Proyek Pembangunan Jembatan Gelon. (Foto : Dishubkominfo Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN—Bupati Pacitan, Indartato menargetkan proyek fisik di Kabupaten Pacitan bisa selesai pada triwulan keempat tahun 2015. Untuk itu, orang nomor satu di Pacitan ini memberikan stressing kepada semua satuan kerja perangkat daerah (SKPD) agar lebih mempercepat proses tata kelola anggaran.

Hal itu ditujukan agar semua kegiatan satuan kerja yang berhubungan dengan anggaran, tidak akan mengalami keterlambatan. Pernyataan tersebut sebagaimana diungkapkan Kabag Humas dan Protokol, Setkab Pacitan, T. Andi Faliandra, usai mengikuti pembinaan bersama SKPD dilingkup Pemkab Pacitan, Jumat lalu.

Dikatakan Andi, Bupati menginginkan ada akselerasi realisasi belanja APBD di Tahun Anggaran 2015 ini. Pengalaman pada tahun-tahun anggaran sebelumnya, SKPD baru bisa menyerap anggaran di akhir Maret atau awal April. “Namun pada Tahun Anggaran 2015 ini, diharapkan awal Februari sudah bisa menyerap anggaran,” terang mantan Kabag Organisasi itu, seperti diberitakan Warta Bengawan.

Dengan upaya akselerasi tersebut, bupati menginginkan pada awal triwulan pertama, semua kegiatan proyek-proyek fisik sudah bisa diproses. Sekarang ini, tengah dipersiapkan penyusunan surat keputusan-surat keputusan bupati, yang berkait erat dengan tata kelola anggaran.

“Dengan begitu, pada awal triwulan ke IV, semua kegiatan kontraktual yang berhubungan dengan proyek-proyek fisik sudah tuntas semuanya. Jadi gak sampai bulan Desember, semua proyek fisik sudah selesai dilaksanakan,” katanya.

Ditempat terpisah, Sekretaris DPRD Pacitan, Haryo Junanto, membenarkan, terkait imbauan bupati tentang akselerasi penyerapan anggaran. Dia menjelaskan, Raperda APBD TA 2015, sudah ditetapkan DPRD menjadi Perda APBD, sejak Nopember lalu. Semua proses di provinsi memang sudah kelar.  “Termasuk revisi gubernur juga sudah tuntas. Sehingga pada awal-awal tahun ini, semua SKPD sudah bisa menyerap anggaran, setelah proses tersebut selesai, anggaran siap direalisasikan,” tutupnya. (Yun/RAPP002)