Pecinta Alam pun Kagumi Keindahan Pesona Goa Luweng di Pacitan

oleh -132.158 views
Para Pecinta alam mengunjungi Goa Luweng di Pacitan. (Foto : Fahmi Ahmad)
Para Pecinta alam mengunjungi Goa Luweng di Pacitan. (Foto : Fahmi Ahmad)

Pacitanku.com, PACITAN—Keindahan panorama alam Pacitan menjadi keunggulan tersendiri bagi wilayah Kabupaten yang berada di ujung Jawa Timur ini. Dengan keindahan alamnya, banyak pihak yang mengakui bahwa bumi Pacitan memiliki keunggulan yang menambah khazanah kekayaan alam Indonesia. Salah satu yang banyak diapresiasi adalah keberadaan goa luweng atau goa vertikal, yang hingga kini belum banyak orang bisa menikmati keindahan alamnya.

Namun tidak dengan para mahasiswa pecinta alam asal Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Metala. Berbekal semangat untuk mengeksplorasi keindahan alam di Pacitan, setelah melakukan ekspedisi alam di Pacitan, mereka mengakui bahwa pesona Goa Luweng di Pacitan begitu indah. Selain indah dalam konteks panorama, Luweng di Pacitan juga memiliki nilai manfaat bagi warga sekitar.

“Luweng di Pacitan adalah Luweng paling indah, karena kebanyakan ornamen disana masih hidup, diantara luweng – luweng tersebut, salah satu yang paling indah adalah Luweng Jaran,” kata Fahmi Ahmad, salah satu anggota Metala UMS, saat dikonfirmasi Portal Pacitanku, baru – baru ini.

Fahmi, yang mulai melakukan ekspedisi Goa Luweng di Pacitan sejak tahun 2010 mengakui jika berbagai macam dan jenis Luweng tersebut memiliki keunggulan tersendiri. Namun dia juga tidak menampik bahwa masih perlu ada pembenahan terkait pengelolaan Luweng di Pacitan.

“Di Luweng Jenggung, terutama di depan Luweng terlihat kotor karena terdapat bak mandi yang digunakan oleh warga setempat, sehingga air yang dipakai warga itu masuk ke dalam Luweng, dan terjadilah pencemaran pada Luweng tersebut. Perlu diketahui Luweng Jenggung adalah jenis Luweng semi vertikal, pun demikian dengan Luweng Dhawung,” jelasnya.

Pengelolaan Goa Luweng tersebut, imbuh Fahmi, sangat mudah jika ada antusiasme dari warga setempat untuk menjaga, merawat dan memanfaatkan dengan baik, untuk sumber air maupun untuk Goa Wisata. “Asal ada pengelolaan yang tepat,” pungkasnya.

Seperti diketahui, selain obyek wisata Goa, Pacitan juga memiliki potensi lain dari perut bumi, yakni Luweng. Berbagai Luweng di Pacitan diantaranya adalah Luweng Jaran, Luweng Suling, Luweng Ombo, Luweng Dhawung dan Luweng Jenggung.

Redaktur : Dwi Purnawan