Soto Simpel yang Sedap itu ada di Kebonagung Pacitan

oleh -65 Dilihat
Soto Pacitan. (Foto : portalkbr)
Soto Pacitan. (Foto : portalkbr)
Soto Pacitan. (Foto : portalkbr)
Soto Pacitan. (Foto : portalkbr)

Pacitanku.com, KEBONAGUNG—Selain kuliner khas laut, Pacitan memiliki salah satu kuliner yang perlu sekali untuk dicoba. Kuliner itu adalah soto ayam khas Pacitan, yang banyak terdapat di kecamatan Kebonagung. Soto ayam pacitan adalah sebuah kuliner yang sebenarnya sangat simpel, yakni soto ayam kampung. Meskipun demikian, soto ayam kampung di kota akik ini memiliki sensasi kelezatan yang cukup unik.

Berbagai warung yang menjajakan soto ayam Pacitan ini banyak terdapat di Pacitan, seperti warung Marem, sebuah warung yang berlokasi di Jalan Raya Kebonagung KM 6, Kebonagung Pacitan, menyediakan menu khusus soto ayam kampung. Selain itu, ada juga warung Soto Bu Maryati, tepat di sebalah Kantor Polisi Sektor Kebonagung, makanya sering dikenal sebagai Soto Bonagung.  Warungnya sederhana, di pinggir sawah.

Selain soto Maryati dan Soto Marem, soto ala Pacitan bisa juga dinikmati di sejumlah warung lainnya. Ada Soto Giyem, atau Soto Sebrok. Kedua warung itu ada di Desa Menadi Pacitan kota. Rasanya mirip-mirip, segar, kuah bening, tanpa banyak ornamen, terasa ringan di lidah, sehingga semangkok mungkin tak akan cukup.

Komposisi soto Pacitan jauh lebih simpel dibanding soto kebanyakan. Hanya paduan kuah bening, kecambah,  suwir ayam kampung, ditambah  taburan bawang goreng, irisan seledri,  dan kacang tanah  goreng utuh. Tidak ‘ruwet’ seperti soto Surabaya, Lamongan, soto-soto di Jawa Tengah apalagi Soto Betawi.

Warung – warung soto ala Pacitan biasanya sudah buka sejak pukul 07.00 pagi ini selalu ramai diserbu pengunjung. Yang membedakan dengan kebanyakan soto adalah soto ayam kampung yang ini justru berkuah bening seperti kuah sup.

Soto semakin menarik dengan adanya taburan kacang goreng dan kecambah yang turut meramaikan seporsi soto ayam kampung ini. Gurihnya taburan bawang goreng dipadu seledri pun semakin mengusik perut yang lapar untuk segera diisi.

Per tahun 2014 ini, harga rata – rata soto ayam kampung Pacitan ini bisa dinikmati hanya dengan merogoh kocek sebesar 12 ribu rupiah saja untuk semangkuk nasi soto ayam kampung.

Untuk menambah cita rasa, Anda bisa menambahkan sambal dan kecap manis sesuai selera Anda. Ditemani segelas teh hangat tentu akan semakin menyempurnakan pengalaman kuliner di Pacitan.

Redaktur : Robby