Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1435 H untuk Pacitan dan Sekitarnya

oleh -4 Dilihat
Rukyat Hilal Indonesia. (Foto : Antara)
Rukyat Hilal Indonesia. (Foto : Antara)
Rukyat Hilal Indonesia. (Foto : Antara)
Rukyat Hilal Indonesia. (Foto : Antara)

Pacitanku.com, PACITAN – Meski belum resmi, awal puasa 1 Ramadhan berdasarkan hasil hisab Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah akan jatuh pada Sabtu 28 Juni 2014. Sementara pihak Nahdlatul Ulama (NU) memprediksi awal puasa 1 Ramadhan jatuh pada hari Ahad 29 Juni 2014.

Berdasarkan data awal bulan Hijriyah Kalender Muhammadiyah 2014, yang merupakan hasil hisab, ijtimak atau konjungsi awal bulan Ramadan jatuh pada Jumat 27 Juni, pukul 15:10:21WIB. Adapun tinggi bulan di Yogyakarta adalah 0° 31′ 17″. Dengan kata lain pada saat terbenam matahari posisi hilal berada di atas ufuk sehingga tanggal 1 Ramadhan jatuh pada Sabtu, 28 Juni 2014.

Sementara snggota Tim Falak NU Jatim, Abdurahman Nafis mengatakan, pemantauan bulan akan dilakukan bersama-sama dengan tim pemantau hilal dari Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Jatim. Kyai Nafis menuturkan, titik pantau hilal Ramadan tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Di antaranya di Tanjung Kodok Lamongan, di menara Masjid Akbar Surabaya, di Bangkalan, Gresik, dan beberapa titik strategis lainnya.

Berdasarkan perkiraan, terang Kyai Nafis, hilal di hari Jumat, 27 Juni 2014, nanti berada di bawah dua derajat. Dengan posisi hilal seperti itu, maka bulan belum terlihat sempurna. Dengan demikian, Nafis menyatakan, kemungkinan awal Ramadan 1435 Hijriah jatuh pada Minggu, 29 Juni 2014. “Kalau di hari Jumat hilal di bawah 2 derajat, maka keputusan yang harus diambil adalah istikmal, disempurnakan,” ujarnya.

Menurut Nafis, metode ru’yatul hilal yang digunakan untuk menentukan awal Ramadan harus lah bulan terlihat jelas. Sementara dalam ilmu astronomi atau ilmu Falak, hilal bisa terlihat jelas jika posisi hilal setidaknya berada di posisi 2 derajat.

Redaksi Portal Pacitanku menyediakan jadwal imsakiyah untuk wilayah Pacitan dan sekitarnya yang bisa di download di link dropbox berikut –>> Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1435 H

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1435 H Pacitan dan sekitarnya
Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1435 H Pacitan dan sekitarnya