13 Ribu Warga Tak Punya Jamban, Posdaya Pacitan Gelar Program Jambanisasi

oleh -2 Dilihat
Program Jambanisasi Katajaga yang digagas oleh Dokter Budi (Foto : Dokter Budi)
Program Jambanisasi Katajaga yang digagas oleh Dokter Budi (Foto : Dokter Budi)
Program Jambanisasi Katajaga yang digagas oleh Dokter Budi (Foto : Dokter Budi)
Program Jambanisasi Katajaga yang digagas oleh Dokter Budi (Foto : Dokter Budi)

Pacitanku.com, PACITAN – Banyaknya jamban yang dimiliki sebagian warga Pacitan, terutama warga pelosok dinilai belum standart, bahkan banyak warga yang belum memiliki jamban sendiri. Kondisi ini tentu menjadi salah satu pemicu terjadinya penyakit, sehingga Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) Kabupaten Pacitan segera mencari solusi alternatif mengatasi krisis jamban sehat di Pacitan, salah satunya dengan menggelar program 1000 jamban untuk warga Pacitan.

Menurut salah satu pengelola Posdaya Pacitan, Dian Budi Anggraeni, kegiatan jambanisasi ini dibuat berdasarkan data yang diperoleh, bahwa sekitar 13 ribu warga Pacitan tidak memiliki jamban dikarenakan berbagai faktor.

“Prof Haryono Suyono selaku pembina Posdaya kemudian membawa ahli pegiat metode Jamban Murah yang dikenal dengan Katajaga (Kampung Total Jamban Keluarga) bernama Dokter Budi Laksono, kemudian dilanjutkan dengan memberikan bantuan awal pembuatan 1000 jamban dengan estimasi biaya pembuatan 225 ribu per jamban,” jelasnya kepada Portal Pacitanku, Kamis (19/6/2014).

Lebih lanjut, Dian menyampaikan bahwa teknis program jambanisasi tersebut adalah dengan memberikan bantuan closet dan material kepada warga yang sudah terdata dengan pemberian penyuluhan cara pembuatan jamban tersebut.

“selain itu, para penerima tersebut juga akan enerima bibit pisang cavendis kultur jaringan yang kita peroleh kerjasama dengan biotrop bogor tiga sampai lima batang, kemudian kita ajari sekalian cara tanam pisang itu,” ungkapnya.

Sementara itu, program Katajaga yang diperuntukkan untuk para warga Pacitan yang belum memiliki jamban sehat ini mendapat apresiasi prositif dari Bupati Pacitan. 1000 Jamban yang sudah diberikan akan segera di back up agar 12 ribu keluarga lainnya juga mendapatkan jamban, dengan pos dana dari APBD dan CSR terarah.

Jika program jambanisasi ini berhasil, maka Pacitan akan menjadi progress kabupaten pertama di Developing Countries yang sukses program Katajaga.

Redaktur : Dwi Purnawan (Ikuti di twitter @dwi_itudua)