Goa Tabuhan Pacitan Masuk Obyek Wisata Bermitos Misteri di Indonesia

oleh -2.482 views
Goa Tabuhan Pacitan. (Foto : IST)
Goa Tabuhan Pacitan. (Foto : IST)
Goa Tabuhan Pacitan. (Foto : IST)
Goa Tabuhan Pacitan. (Foto : IST)

Pacitanku.com, PUNUNG – Beberapa waktu lalu, sebuah tayangan reality show di salah satu televisi swasta di Indonesia, menayangkan obyek wisata Goa Tabuhan masuk ke dalam salah satu obyek wisata yang memiliki mitos misteri.

Goa yang terletak di dusun Tabuhan, Desa Wereng, Kecamatan Punung, Pacitan itu masuk ke dalam goa bermitos misteri dikarenakan bebatuannya bisa digunakan untuk bermain musik alias bisa dibunyikan seperti halnya gamelan jawa. Menurut reality show tersebut, goa ini memiliki mitos misteri karena ada beberapa sendang di dalam goa yang memiliki nilai magis. Ruang pertama ada sendang bidadari, kemudian ada ruang Kristal, marmer, sedangkan ruang kelima adalah ruang yang pernah digunakan konser musik bersama.

Namun, yang disayangkan dari penayangan tersebut adalah kesalahan penyebutan nama. Goa yang seharusnya bernama Goa Tabuhan namun dalam reality show tersebut disebutkan sebagai Goa Gong.

Selain Goa Tabuhan yang dalam reality show tersebut disebutkan Goa Gong, goa lainnya di Indonesia yang dikatakan bermitos misteri tersebut adalah Goa Jatijajar di Kebumen, Goa Siluman di Bantul, Goa Kontilola di Papua, Goa Jepang di Bandung, Goa Nagaraja di Cilacap dan Goa Batu Cermin di Flores.

Namun demikian, diluar kesalahan penyebutan nama tersebut, Goa yang berjarak sekitar 40 km dari Kota Pacitan ini adalah obyek wisata yang memiliki keajaiban alam. Goa ini sendiri berasal dari  kata tabuh yang berarti membunyikan alat musik pukul.

Untuk akses jalan menuju Goa Tabuhan tergolong mulus beraspal dan nyaris tanpa hambatan sehingga perjalanan terasa nyaman sambil menikmati suasana pedesaan di daeah Punung yang asri. Suasana di dalam goa relatif sejuk. Agar perjalanan anda tidak terganggu, anda bisa memanfaatkan senter sebagai penerang jalan anda masuk Goa.

Redaktur : Robby Agustav