Nasi Sayur Kalakan Pacitan, Menu Makan Siang yang Pas di Lidah Anda

oleh -13792 views
sayur kalakan (Dok.Pacitanku)
sayur kalakan (Dok.Pacitanku)
sayur kalakan (Dok.Pacitanku)
sayur kalakan (Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN—Salah satu kuliner Pacitan yang cukup terkenal rasanya adalah nasi sayur Kalakan. Nasi plus sayur kalakan ini menjadi menu favorit masyarakat Pacitan, terutama di wilayah pesisir Pantai Teleng Ria. Yang membuat kalakan ini menarik untuk dicoba adalah rasa yang berbeda dari makanan sari laut lainnya.

Rasanya pun bisa dikatakan spektakuler, karena sayur kalakan dikombinasikan dengan kuah santan gurih yang rasanya pun sedap. Yang membuat nasi Kalakan ini menggoyang lidah anda adalah paduan daging ikan laut yang dicampur dengan kuah santan yang lezat, menjadikan makan siang anda lebih bergairah.

Sayur Kalakan ini nikmat jika hanya ditambahkan dengan nasi putih saja. Namun akan semakin nikmat jika ditambahkan dengan menu makan siang lainnya, semisal oseng – oseng, ikan bakar, atau kerupuk tengiri. Meskipun sayur Kalakan ini sudah lumayan pedas, akan menjadi nikmat saat nasi sayur Kalakan ini dipadukan dengan sambal terasi atau sambal bawang, dijamin mantap suasana makan siang anda.

Untuk menyegarkan ruang tenggorokan anda akibat bertempur dengan Kalakan, segarnya es degan khas pantai menjadi alternatif paling pas sekaligus menghilangkan dahaga di siang hari anda. Ada juga pilihan minuman segar lainnya, seperti es blewah, es jeruk, maupun menu minuman segar lainnya.

Jika anda berkunjung ke Pacitan pastikan meluangkan waktu menikmati citarasa kalakan. Nasi Sayur Kalakan ini bisa anda dapatkan di warung makan sari laut Bu Gandos, sekitar 1Km dari Pantai Teleng Ria, di jalur bus Pacitan menuju Solo. Selamat menikmati Kalakan, menu khas pesisir selatan yang selalu menggugah selera dalam setiap suasana, terutama saat siang hari.

Redaktur : Dwi Purnawan