Menikmati Suasana Ala Great Ocean Road Pantai Puring Pacitan

oleh -8 Dilihat
Great Ocean
Pantai Puring Pacitan (Dok.Pacitanku)
Pantai Puring Pacitan (Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, NGADIROJO—Jika anda pernah berkunjung ke Great Ocean Road di Australia, pasti anda akan mengatakan bahwa tempat tersebut begitu mempesona dan sulit dilupakan. Panorama laut yang terletak di tepi jalan, bagaikan jalan yang berkelok bak ular panjang, dan dipadukan dengan harmoni pemandangan pinggir pantai menjadi ciri khas great ocean yang menjadikan tempat ini begitu mempesona. Daerah yang terletak di dibangun di pesisir selatan Australia antara Geelong dan Warrnambool di Victoria ini memiliki panjang  243 km, lengkap dengan panorama pesisir pantai yang bisa dinikmati sepanjang jalan.

Pantai Puring
Pantai Puring

Namun anda tak perlu jauh – jauh untuk menikmati panorama khas great ocean, karena ternyata di Indonesia pun terdapat tempat elok yang bisa dikatakan hampir sama dengan eloknya great ocean di Victoria. Tepatnya adalah Pantai Puring, yang terletak di Segara Anakan, Sidomulyo, Ngadirojo, atau tepat di pinggir JLS Pacitan, pemandangan ala great ocean bisa anda saksikan dan dinikmati bersama keluarga. Sebelum sampai di Pantai Puring, anda akan terlebih dahulu dimanjakan dengan pemandangan jalur lintas selatan yang membelah bukit kapur dengan latar belakang pantai.

Pemandangan ini merupakan salah satu yang dikagumi wisatawan.Tempat ini juga cocok

Jembatan Puring
Jembatan Puring

untuk penggemar wisata olahraga. Wisatawan bisa menggenjot sepeda untuk menaklukkan jalur lintas selatan yang aspalnya mulus. Rencananya great ocean ala Jalur lintas selatan Pacitan ini bakal menghubungkan Pacitan hingga Banyuwangi dengan jarak lebih 600 km, lebih jauh daripada Great Ocean.

Jika anda telah sampai di Pantai Puring, anda akan dimanjakan dengan suasana segar khas pantai, ombak khas laut selatan, disertai  panorama kanan dan kiri yang indah, biru dan hijau. Walaupun pantai Puring ini tidak berpasir putih, namun keadaan bibir pantainya lebih landai dibanding Pantai Taman.

Suasana akan semakin nikmat jika anda sejenak duduk di tepi jalan Pantai Puring sembari menyaksikan semburat ombak yang seringkali menerpa pengunjung dengan nakal, atau ada alternatif lain anda bisa juga bisa menikmati sajian kuliner dari pedagang yang berjejer rapi di bibir great ocean Pantai Puring ini.

Pantai Puring Google Maps
Pantai Puring Google Maps

Jika anda sudah mulai bosan, masih ada alternative lainnya untuk menikmati keindahan kompleks Pantai Puring ini, yakni nongkrong di jembatan puring yang dibangun sedemikian megahnya, membelah jalur lintas selatan Pacitan ini. Saat – saat yang tepat adalah saat sore menjelang matahari terbenam, karena pemandangan saat lembayung senja datang menjadi kenikmatan tersendiri, terutama bagi anda pecinta fotografi.

Redaktur : Dwi Purnawan (Twitter @dwi_itudua)