Ini Dia Tips Cegah Penyakit Datang di Musim Hujan

oleh -0 Dilihat
Tetap sehat saat musim hujan
Tetap sehat saat musim hujan

Pacitanku.com, PACITAN—Musim hujan sudah datang, dan di berbagai penjuru Pacitan sudah mulai terjadi hujan dengan intensitas yang berbeda. Biasanya, saat musim hujan datang, udara semakin dingin, hujan tak tentu, banyak orang kehujanan dan sakit. Sudah menjadi kebiasaan bahwa banyak orang mudah sakit saat musim hujan, musim hujan bisa menurunkan kondisi kesehatan seseorang.

Flu, batuk, pilek, demam, masuk angin, dan diare adalah penyakit langganan di saat musim hujan. Jangan sampai aktivitas dan pekerjaan Anda terganggu. Dikutip dari berbagai sumber, Redaksi Pacitanku berbagi tips pencegahan penyakit agar anda tetap sehat di tengah musim hujan.

Pencegahan influenza

Usahakan sebelum memegang makanan mencuci tangan menggunakan sabun dan kalau bisa dengan air hangat. Usahakan untuk tidak terlalu sering menyentuh bagian muka, karena biasanya virus influenza masuk ke tubuh kita lewat mata, hidung atau mulut. Selain itu, diharapkan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi khususnya yang dapat menambah daya tahan tubuh yang terdapat pada sayuran dan buah-buahan.

Pencegahan diare dan demam berdarah

Menjaga kebersihan selokan terutama yang tersumbat dan biasanya meluap serta membawa parasit cacing dan amuba, membuang sampah pada tempatnya, membiasakan untuk mencuci tangan dan kaki sesering mungkin. Memakai  alas kaki untuk mencegah penyebaran kotoran atau parasit yang masuk melalui kulit. Menyiangi kebun untuk menghindari berkembang biaknya nyamuk aedes aegepti.

Pencegahan dan perawatan tubuh saat musim hujan

Banyak minum air putih, karena air putih adalah zat detoksifikiasi alami yang murah meriah dan mudah didapat. Air putih juga membuat kulit tampak segar dan tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Cukup istirahat, kemudian jika anda kurang tidur akan menyakiti tubuh Anda dan tidak memberikan organ tubuh Anda kesempatan untuk merecharge sel-sel mereka. 6-8 jam adalah waktu ideal yang bisa Anda berikan untuk tidur setiap harinya.

Hindari virus masuk ke tubuh Anda. Pastikan Anda senantiasa ‘higienis’ sepanjang hari. Cuci tangan Anda setiap sebelum makan, sehabis dari toilet, dan setelah melakukan kegiatan apapun. Jika Anda baru kembali dari luar ruangan, cuci baik tangan dan kaki Anda. Hindari menyentuh wajah Anda dengan tangan, karena penelitian mengatakan bahwa kuman biasanya masuk lewat hidung atau mulut Anda. Siapkan cairan pembersih antikuman setiap saat, terutama saat keluar rumah.

Jangan makan sembarangan, dengan cara menghindari tempat penjualan makanan yang kurang terjaga kebersihannya. Perbanyak serat dan makan makanan yang mengandung vitamin. Kalau perlu, tambah dengan multivitamin.

Pastikan Anda cukup hangat. Ini berkaitan dengan kenyamanan Anda. Jika Anda kehujanan dan kedinginan, Anda akan merasa lemah dan sugesti ini membuat Anda benar-benar terserang penyakit. Kenakan jaket atau pakaian yang tebal untuk melindungi tubuh dari suhu dingin. Kalau Anda harus menerjang hujan, gunakan payung atau jas hujan. Jika Anda suka, boleh juga membalurkan minyak kayu putih di tubuh. Untuk menghangatkan tubuh dari dalam, semangkuk sup hangat atau segelas jahe boleh juga dicoba.

Jemur pakaian sampai kering. Cucian yang tak mau kering adalah kendala di musim hujan, karena matahari seakan tak mau bersinar. Meski begitu, cari cara agar cucian Anda bisa kering sepenuhnya. Pakaian yang lembab berarti masih menyimpan air dan bisa jadi sarang bakteri.

Tetap berolahraga. Walaupun olahraga outdoor jadi berkurang intensitasnya karena cuaca yang tidak bersahabat, Anda bisa mencoba aneka olahraga yang bisa dilakukan secara indoor, seperti senam aerobik dengan panduan video, sit up, atau skipping (lompat tali).

Nah, demikian tips untuk hidup sehat saat musim hujan. Semoga anda tetap sehat di musim hujan ini.

Redaktur : @Robbyagustav

Foto : Health