Indartato Harapkan Ada SOP Bencana yang Efektif

oleh -13752 views
Bupati Indartato membacakan sumpah jabatan baru Pejabat Pemkab foto by humas Pemkab
Bupati Indartato membacakan sumpah jabatan baru Pejabat Pemkab foto by humas Pemkab

Pacitanku.com, MADIUN--Bupati Pacitan Indartato berharap banyak dari forum group discussion gladi posko, maket dan gladi lapang di pendopo kabupaten Senin (23/9) sehingga menghasilkan SOP yang efektif dan efisien. Sebagai daerah pantai, Pacitan memiliki tingkat kerawanan bencana cukup tinggi. Terutama gempa dan Tsunami. dari bentang pantai sepanjang 70 km, terdapat 5 wilayah kecamatan yang rawan tsunami. Kelima kecamatan tersebut adalah Donorojo, Pringkuku, Pacitan kota, Ngadirojo dan Sudimoro.

“Kabupaten Pacitan ini mempunyai panjang pantai 70km persegi dan berpotensi untuk tsunani. Yang paling rawan dari tujuh kecamatan, ini ada lima kecamatan yang resikonya tinggi. Yang pertama adalah kecamatan Donorojo di pantai Klayar; yang kedua kecamatan Pringkuku di Watukarung dan Srau; yang ketiga adalah kecamatan Pacitan di Ploso dan kelurahan Sidoarjo; yang keempat kecamatan Ngadirojo utamanya di desa Sidomulyo dan desa Hadiwarno; dan yang terakir adalah di kecamatan Sudimoro utamanya kawasan PLTU,” Kata Bupati Indartato.

Meski keberadaan BPBD kabupaten Pacitan sudah ada lama, namun dengan SOP terpadu ini diharapkan penanganan kebencanaan di Pacitan terlaksana lebih baik. Sudah menjadi kewajiban pemerintah baik pusat maupun daerah, melindungi masyarakat dan mengurangi resiko dari bencana.

Forum Gruop Discussion diikuti oleh, unsur pemerintah mulai dari BPBD dan instansi terkait, Camat dan kepala desa, TNI/Polri serta persatuan radio komonikasi.

Sumber : RRI Madiun (Rizky/BCS)