Pantai Kali Uluh, Panorama Elok Laut Selatan

oleh -6 Dilihat
Pantai Kali Uluh ff
Pantai Kali Uluh ff

Pacitanku.com, KEBONAGUNG—Pacitan memiliki pantai yang tidak kalah menarik untuk dijadikan sebagai sarana olahraga surfing. Pantai yang memiliki ombak besar ini memiliki nama Pantai Kali Uluh. Bahkan beberapa waktu lalu, Pantai ini diprediksi sebagai pantai yang cocok untuk arena perlombaan surfing internasional.

Seperti halnya di beberapa pantai lainnya di Pacitan, Pantai ini memiliki cirri khas ombak yang besar, sehingga tentu saja Pantai ini menjadi surge para pecinta olahraga surfing. Pantai Kali Uluh ini berada di wilayah Desa Klesem, Kecamatan Kebonagung, sekitar 35 Km jika ditempuh dari Kota Pacitan.

Akses jalan menuju ke Pantai ini sudah baik, terutama karena melewati jalur lingkar selatan pacitan, melewati wilayah Karanganyar, Sidomulyo dan Gawang. Akan tetapi memang akses utama saat masuk ke pantai masih agak kurang bagus, terutama saat masuk ke Desa Klesem, tempat Pantai ini berada, masih kurang terawat dengan baik.

Akan tetapi jalan yang kurang bagus tersebut dapat dihilangkan dengan menikmati pemandangan lepas pantai Kali uluh yang mempesona, seperti halnya Pantai – pantai lain di pacitan, alami nan sejuk.

Memang, sampai akhir tahun 2012 ini, pengelolaan Pantai Kaliuluh masih bersifat tradisional, belum dikelola secara professional seperti halnya Pantai teleng ria, sehingga bisa kita saksikan bahwa sarana pendukung fasilitas Pantai ini masih ala kadarnya saja.

Walaupun begitu, keberadaan pantai ini menjadi berkah tersendiri bagi warga sekitar Pantai, terutama dari sector perikanannya. Bahkan beberapa waktu lalu, Kelompok nelayan Kali Uluh 3 kabupaten Pacitan mampu menorehkan prestasi dengan mewakili Jawa Timur dalam lomba bidang perikanan Adi Bhakti Mina Bahari tingkat Nasional. Kelompok nelayan dari Desa Klesem Kecamatan Kebonagung tersebut merupakan kelas pemula yang berhasil mengoptimalkan kegiatan kelompok, baik dalam pembenahan organisasi, peningkatan SDM maupun inovasi tekhnologi serta pengembangan usaha.