Cucu Jenderal Soedirman Serahkan Replika Tandu Kakeknya ke Bupati Pacitan

oleh -1 Dilihat

replika_tanduPacitanku.com, PACITAN – Agenda hari Sumpah Pemuda ke 88 tahun 2016 di Kabupaten Pacitan berlangsung spesial. Pasalnya, dalam upacara bendera yang berlangsung, Jumat (28/10) di halaman pendopo kabupaten, terdapat tamu kehormatan salah satu cucu dari panglima besar Jenderal Soedirman, Bagiakso.

Hadirnya cucu tokoh perjuangan kemerdekaan Indonesia itu untuk menyerahkan replika tandu Jenderal Soedirman kepada Kabupaten Pacitan untuk kegiatan napak tilas gerilya Jenderal Soedirman di Pacitan.  Kegiatan ini sendiri merupakan agenda dua tahunan yang dimotori oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Pacitan.

Serah terima replika tandu Jenderal Soedirman dilakukan usai pelaksanaan upacara peringatan hari Sumpah Pemuda langsung dari Bagiakso sebagai direktur utama yayasan Jenderal Soedirman center kepada Bupati Pacitan Indartato atas nama pemerintah Kabupaten Pacitan.

Selanjutnya Bupati menyerahkan replika tandu tersebut kepada KNPI untuk selanjutnya digunakan untuk kegiatan napak tilas yang akan berlangsung mulai tanggal 7 hingga 10 Nopember mendatang.

Rencananya, napak tilas gerilya Jenderal Soedirman sendiri akan menempuh jarak kurang lebih 97 km dari Desa Klepu Kecamatan Sudimoro. Perjalanan napak tilas berlangsung estafet selama 4 hari melalui medan yang sama persis ketika Pak Dirman memimpin perjuangan gerilya di Pacitan.




Perjalanan  akan finish di monumen sejarah Panglima Besar Jenderal soedirman, di Desa Pakisbaru Kecamatan Nawangan tepat saat peringatan hari Pahlawan 10 Nopember.

Seperti diketahui, perjuangan panjang Jenderal Soedirman memimpin perang gerilya berada di Pacitan. Dibumi Seribu Satu Goa ini Pak Dirman memimpin gerilya melawan penjajah selama 107 hari.

Sebagai bentuk apresiasi di bukit Gandrung  Desa Pakisbaru Kecamatan Nawangan telah dibangun monumen sejarah Panglima Besar Jenderal Soedirman dengan megah. Peringatan hari Sumpah Pemuda di Kabupaten Pacitan juga dirangkaikan dengan hari jadi Provinsi Jawa Timur. (Riz/Pemkab/RAPP002)