Pencetus Karya ‘Ini Budi’ itu Telah Berpulang

oleh -1 Dilihat
C

Pacitanku.com, JAKARTA – Kabar duka datang dari dunia pendidikan Tanah Air. Adalah Siti Rahmani Rauf, perempuan yang telah menciptakan metode baca ‘Ini Budi’ malam tadi, Selasa (10/5/2016) menghembuskan nafas terakhirnya pada pukul 21.20 WIB. Meninggal di usia 97 tahun sosok Siti memang tak akan pernah bisa dilupakan.

Penulis buku pelajaran SD era tahun 1980-an, Siti Rahmani Rauf atau yang biasa disapa Nenek Rauf meninggal dunia Selasa 10 Mei 2016 dalam usia 97 tahun. Nenek Rauf dikenal sebagai penulis buku Ini Budi yang menjadi buku pelajaran wajib bagi siswa SD.

Perlu diketahui, bagi anda yang dulu pernah belajar Bahasa Indonesia di tahun 80-90an. Ada kalimat paling populer yakni ‘Ini Budi, Ini Ibu Budi, Ini Bapak Budi’. Tapi setelah diselidiki ternyata kalimat ‘Ini Budi, Ini Ibu Budi, Ini Bapak Budi’ ternyata di ciptakan oleh Nenek Rauf.

Nenek Rauf menciptakan pembelajaran buku paket  atau peraga buat anak kelas 1 SD dengan metode SAS atau Struktur Analitik Sintetik bersama rekannya di tahun 80an. Dulu, buku hasil karangannya hampir digunakan di seluruh Indonesia.


Meskipun kalimat ini kelihatan jadul, namun jangan salah, hingga saat ini, kalimat tersebut masih populer. Kita harus berterima kepada nenek Siti berkat jasa-jasanya mengenalkan metode pembelajaran tersebut.

Sosok Siti Rahmani Rauf memang bukan dari kalangan artis. Tapi bagi kalangan pendidikan, Siti Rahmani Rauf adalah sosok perempuan yang telah mencetuskan metode baca Ini Budi. Wanita kelahiran Padang 5 Juni 1919 ini memang sudah sejak lama mengidap penyakit dan hanya bisa tergolek lemah di rumahnya. Selama sakit, Nenek Rauf dirawat dengan baik oleh anak-anaknya.

Rencananya setelah salat zuhur siang ini, jenazah pembuat buku Ini Budi akan dimakamkan di TPU Karet Bivak. Berkat Siti Rahmani Rauf jutaan anak-anak Indonesia belajar dengan metodemembaca yang lebih mudah.

Sosok Siti Rahmani Rauf (97) itulah yang dulu menciptakan alat peraga metode baca “Ini Budi”, membantu jutaan anak Indonesia era 80-90 an jadi mudah membaca dan mengenal bahasa Indonesia. Rumah duka berada di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat.

Selama hidupnya, Siti Rahmani Rauf dikenal sangat berjasa untuk dunia pendidikan. Nenek Rauf menciptakan alat peraga metode baca “Ini Budi” yang sukses membantu jutaan anak mudah dalam membaca serta mengenal bahasa Indonesia.

Kabar wafatnya sosok yang sangat berjasa bagi dunia pendidikan tersebut tentu saja membuat netizen turut berduka. “Selamat jalan ‘Ibu Budi’ aku bisa baca tulis sekarang ini karena Ibu. Semoga jasamu selalu akan dikenang. Aamiin,” komentar akun@AriKusmari. “Ini ibu Budi. Selamat jalan bu,” tambah akun@sidewii. “Turut berdukacita atas meninggalnya Ibu Siti Rahmani Rauf, penulis Buku “Ini Budi”, insya Allah husnul khotimah,” pungkas akun resmi TNI AU Indonesia. (DPPP001)