Thursday, 31 July 2014

Pengrajin Akik Gendaran Kecipratan Berkah Batu Kalsedon

Batu Kalsedon

Batu Kalsedon

Pacitanku.com, DONOROJO—Awal September 2013 lalu, pengrajin batu mulia Pacitan juga turut kecipratan berkah karena mendapatkan batu mulia yang sering diburu, yakni batu Kalsedon. Salah satu jenis batu mulia ini diburu warga lantaran harga jualnya cukup tinggi. Karena itu pula, warga rela menggali tanah tegalan hingga malam hari.

“Sekarang yang lagi marak batu kalsedon mas, harganya cukup mahal, kisaran 250 ribu yang ukuran kecil sampai 2 jutaan per batu, sehingga beberapa waktu lalu warga sini banyak yang menggali batu kalsedon untuk dijual,” kata Adi,  salah satu pengrajin batu akik Gendaran, Senin (11/11/2013) di Donorojo, Pacitan.

Selain Adi, puluhan warga Gendaran lainnya memang menggunakan rumahnya untuk sentra penjualan batu akik Pacitan. Walaupun begitu, warga Gendaran tetap memiliki pasar untuk menjajakan produk akiknya, yakni pasar Sukodono yang buka tiap hari Kliwon.

Biasanya masing – masing rumah tersebut dipasnag etalase untuk memajang produk hasil olahan batu mulia itu. Ada yang bentuknya sudah dibuat cincin akik, kalung, ataupun perhiasan lainnya.

Reporter/Foto : Dwi Purnawan (Twitter @dwi_itudua)

 
Filed in: Investasi Industri, Pertambangan

No comments yet.

Leave a Reply

Baca Juga Artikel Iniclose
Plugin from the creators ofBrindes Personalizados :: More at PlulzWordpress Plugins